Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11

Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11 - Kegiatan online yang kita lakukan di komputer tentunya menyedot data internet dari WiFi maupun paket data yang kita gunakan. Beruntung bagi mereka yang memiliki WiFi yang unlimited atau tanpa batas, mereka dapat mengakses internet, menonton video, mendownload games dan film sepuas mereka di internet karena kebanyakan WiFi tidak memiliki batas penggunaan alias unlimited. Berbeda halnya dengan banyak orang lain yang masih hanya mengandalkan paket data internet dari provider kartu SIM mereka, paket data biasanya memiliki batas penggunaan kuota tertentu, misalnya 50GB/bulan, 100GB/sebulan, dan lain sebagainya. Jika kuota data internet ini telah habis mereka gunakan, maka mau tak mau mereka harus membeli lagi paket data internetnya. Maka dari itu sangat diperlukan manajemen penggunaan data internet. Caranya adalah dengan memantau penggunaan data internet yang kita gunakan di perangkat-perangkat kita seperti HP dan juga laptop/komputer. Di artikel kali ini kita akan membahas sebuah tutorial singkat tentang bagaimana cara melihat penggunaan data internet di Windows 11. Simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11
Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11 (Gambar: Unsplash)

Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11

1. Masuk ke Settings di Windows 11

Langkah pertama adalah masuk ke pengaturan Windows 11 (Settings) dengan cara klik tombol Start Menu lalu pilih Settings. Atau kalian juga bisa dengan mudah menggunakan Shortcut Key "Win+I".

2. Masuk ke Pengaturan Internet

Selanjutnya pilih menu Network & internet, lalu pilih Advanced network settings, dan klik tombol Data Usage.

Pilih Network & settings dan Advanced network settings

Data Usage Windows 11
Klik Data usage

3. Pantau Penggunaan Kuota Data Internet di Windows 11

Setelah kalian masuk ke Data Usage, kalian dapat melihat berapa GB total penggunaan kuota data internet yang telah kalian gunakan di Windows 11 berikut rincian penggunaan data internet di setiap aplikasi yang ada.

Total Penggunaan Kuota Data Internet di Windows 11
Total Penggunaan Kuota Data Internet di Windows 11

Kalian juga dapat memilih untuk melihat penggunaan data internet untuk jaringan WiFi tertentu, dan juga Ethernet. Selain itu, penggunaan data internet ini juga bisa kalian amati selama 30 hari terakhir, 7 hari terakhir, dan juga 24 jam terakhir.

Penutup

Sekarang kalian dapat melihat penggunaan data internet yang telah kalian gunakan di Windows 11. Dengan cara ini kalian dapat mengontrol penggunaan data internet kalian agar tidak boros.

Terima kasih telah membaca artikel tutorial singkat mengenai Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Windows 11 ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url