Cara Mengganti Virtual Background Video Discord

Cara Mengganti Virtual Background Video Discord - Discord telah menjadi semacam "tempat nongkrong online" bagi orang-orang, terlebih para gamers. Bagaimana tidak, Discord menyediakan fasilitas seperti halnya grup-grup maupun room-room yang terdiri dari banyak komunitas, mulai dari game, anime, hingga banyak hal lainnya. Discord juga telah menjadi media untuk berkomunikasi baik itu in-game hingga sebagai kelas online layaknya Zoom dan Google Meet. Bagi kalian yang belum punya Discord, saya sarankan agar daftar Discord dengan segera untuk bisa menikmati fitur-fiturnya.

Di dalam Discord tersedia fasilitas untuk melakukan video call atau group video call seperti kelas online yang saya sebutkan di paragraf awal. Namun ternyata, dibalik kerennya tampilan dan fitur-fitur yang ada di Discord, kita tidak bisa mengubah background video kita dengan bebas di aplikasi Dicrods ini. Pilihan virtual background video di Discord sangat terbatas. Sebenarnya bisa saja kita melakukan custom virtual background sesuai keinginan kita, namun kita harus menggunakan Discord Nitro yang mana itu adalah fitur berbayar.

Mengganti Virtual Background Video Discord
Mengganti Virtual Background Video Discord

Setelah beberapa waktu lalu saya membuat artikel tentang cara download foto profil di Discord. Sekarang saya akan menunjukkan kepada kalian bagaimana Cara Mengganti Virtual Background Video Discord dengan mudah dan gratis tentunya. Sebelumnya kalian harus download dan install terlebih dahulu software OBS dan VCam di PC kalian. Kalian bisa download kedua software ini di link di bawah ini.

OBS

VCam

Cara Mengganti Virtual Background Video Discord

1. Buka OBS dan Atur Kamera OBS

Langkah pertama adalah buka software OBS, lalu di bagian Source (Di bagian bawah) klik tombol + dan tambahkan Video Capture Device. Klik OK, lalu pada bagian Device, pilih XSplit VCam dan klik OK. Secara otomatis, software VCam akan terbuka, kalian pilih "Skip Login" dan atur background video kalian. Klik "Remove" untuk menghapus background, setelah itu tambahkan background sesuka hati kalian dengan cara klik Add Background di bagian bawah lalu pilih gambar kalian.

Tambahkan Video Capture Device di OBS

Pilih XSplit VCam
Klik Remove untuk menghapus background dan klik Add Background untuk menambahkan background

Background baru sudah saya tambahkan tapi masih ada watermark XSplit VCam

2. Hapus Watermark VCam dan Atur Ukuran Video di OBS

Jika kalian sudah mengganti background kalian di VCam tadi, kalian akan melihat tulisan/watermark XSplit VCam di bagian atas video. Nah, untuk menghapus tulisan ini, kalian kembali ke OBS, klik kanan pada Video Capture Device, pilih Filters, lalu pada bagian Effect Filters klik tombol + dan tambahkan Crop/Pad lalu isikan angka 120 di Left, 110 di Top, dan 120 di Right. Kalian juga bisa menyesuaikan angka ini sesuka hati kalian, yang penting tulisan watermarknya hilang. Jika sudah, klik Close. Jika sudah, atur kembali layar video kalian di OBS. Terakhir, klik Start Virtual Camera di bagian kanan bawah untuk mengaktifkan kamera dari OBS.

Klik kanan pada Video Capture Device dan pilih Filters

Di bagian Effect Filters, tambahkan Crop/Pad


Atur ukuran video sedemikian rupa agar tulisan watermark hilang seperti ini

Jangan lupa klik Start Virtual Camera

3. Buka Video di Discord

Langkah terakhir adalah buka kembali Discord kalian dan coba tes video kalian. Sebelumnya, kalian jangan lupa pilih OBS Virtual Camera ya sebagai sumber kamera kalian di Discord. Sekarang, video Discord kalian sudah memiliki virtual background seperti Zoom dan Google Meet. Keren bukan?

Pilih OBS Virtual Camera sebagai Kamera di Discord

Sekarang background kalian sudah terganti di Discord

Jika kalian masih bingung dengan tutorial di atas, kalian bisa menonton video tutorialnya di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Sekian tutorial singkat dari saya mengenai Cara Mengganti Virtual Background Video Discord. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url