Cara Cek Apakah PC Bisa Menjalankan Windows 11

Cara Cek Apakah PC Bisa Menjalankan Windows 11 - Microsoft tak henti-hentinya menciptakan inovasi dan pembaruan bagi produk-produknya. Salah satu produk paling terkenal dari Microsoft adalah Microsoft Windows. Berbagai seri dari Microsoft Windows telah mereka rilis, mulai dari Windows 1.01 yang dirilis pada tahun 1985, lalu ada juga Windows XP yang beberapa tahun silam sangat terkenal dan digunakan oleh berbagai pengguna di seluruh dunia, hingga Windows 10 yang saya yakin banyak dari kalian menggunakan OS dari Microsoft yang satu ini. Dengan interface dan fitur-fitur yang ditawarkan, Microsoft Windows selalu menjadi andalan para pengguna komputer, baik PC ataupun laptop untuk dijadikan sebagai sistem operasi di device masing-masing. Bahkan, banyak dari laptop-laptop yang dijual di pasaran pada saat ini yang menjual laptop-laptopnya sepaket dengan OS Windows 10 ini. Hal ini tentunya semakin memperlebar serta memperkokoh jumlah pengguna Windows di dunia.

Apakah PC Bisa Menjalankan Windows 11
Logo Windows 11 (Gambar: PC Invasion)

Baru-baru ini, atau tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2021 lalu, Microsoft secara resmi merilis versi baru dari OS Microsoft Windows, yaitu Microsoft Windows 11. Windows 11 hadir dalam versi Window 11 Home dan Windows 11 Pro. Yang membedakan Windows 11 Microsoft ini dengan Windows 10 yang sebelumnya yang pertama adalah UI atau antarmukanya. Windows 11 tampil dengan tampilan yang lebih minimalis dan "friendly". Start Menu dan Task Bar dari Windows 11 berada atau ditempatkan di bagian tengah bawah layar, sangat berbeda dengan versi sebelum-sebelumnya. Beberapa widget baru juga dihadirkan untuk menambah fungsi dari OS yang ada seperti widget cuaca, berita, dan lain sebagainya. Windows 11 juga dapat mendukung penggunaan aplikasi Android tanpa bantuan emulator ataupun aplikasi pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi Adroin ini juga bisa diunduh di aplikasi Microsoft Store. Selain itu, juga banyak kelebihan dari Windows 11 ini dengan versi-versi sebelumnya. Windows 11 sangat mendukung teknologi Windows 11 Cloud atau Windows 11 Virtual yang mana ini dapat ditemui melalui dukungan Office 365 Cloud ataupun OneDrive Cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data ataupun file secara online dan aman. Untuk harga Windows 11 original ini masih belum diumumkan, namun dilansir dari situs resmi Microsoft, bagi kalian pengguna Windows 11 yang ingin melakukan update Windows 10 ke Windows 11, kalian dapat melakukan update Windows 11 gratis! Proses upgrade ini akan berlangsung mulai dari akhir tahun 2021 ini hingga 2022 nanti. 

Sebelum bisa menggunakan Windows, tentunya kita harus mengetahui apakah PC atau laptop bisa menjalankan Windows 11 ini. Nah, untuk mengetahui cara cek apakah PC bisa menjalankan Windows 11 ini, kalian harus simak cara-caranya di bawah ini.

Cara Cek Apakah PC Bisa Menjalankan Windows 11

Cek Minimum System Requirements Windows 11

Cara yang pertama adalah mengecek secara manual dengan panduan minimum system requirements dari Windows 11. Daftar minimum system requirements ini bisa kalian temukan di situs resmi Windows 11 atau kalian juga bisa lihat gambar di bawah ini. Selanjutnya, kalian perlu untuk mengetahui apakah semua komponen-komponen di PC kalian sudah siap untuk diinstall Windows 11.

Minimum System Requirements Windows 11
Minimum System Requirements Windows 11 (Gambar: Microsoft)

Cek Melalui Fitur Update

Cara yang kedua adalah cara yang cukup gampang dilakukan dibandingkan dengan cara yang pertama. Kalian bisa mengetahui apakah PC atau laptop kalian dapat menjalankan Windows 11 dengan cara membuka Settings > Update & Security > Windows Update. Pada bagian Windows Update, kalian bisa melihat notifikasi mengenai apakah PC atau laptop kalian bisa menjalankan Windows 11 ini atau tidak seperti di gambar di bawah ini. Namun, jika kalian tidak menemui notifikasi ini, kalian bisa menggunakan cara selanjutnya.

Cek Kompatibilitas Windows 11 melalui  Windows Update di Settings
Cek Kompatibilitas Windows 11 melalui  Windows Update di Settings

Cek Menggunakan PC Health Check App

Cara ini merupakan cara yang paling gampang yang bisa kalian gunakan untuk mengecek apakah device kalian bisa menjalankan Windows 11 ataupun tidak. Yang pertama harus kalian lakukan adalah membuka halaman website resmi Windows 11. Lalu scroll ke bagian bawah, pada bagian Check for Compatibility, kalian pilih download PC Health Check App. Selanjutnya kalian install dan buka aplikasi ini. Pada bagian Introducing Windows 11, klik Check Now. Setelah itu akan muncul informasi apakah PC atau laptop kalian mampu menjalankan Windows 11 atau tidak.

Download PC Health Check App di bagian bawah halaman resmi Windows 11
Download PC Health Check App di bagian bawah halaman resmi Windows 11 (Gambar: Microsoft)

Klik Check Now

Notifikasi apakah PC bisa menjalankan Windows 11 atau tidak
Notifikasi apakah PC bisa menjalankan Windows 11 atau tidak

Mudah bukan untuk mengetahui Cara Cek Apakah PC Bisa Menjalankan Windows 11 atau tidak. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url