Cara Menjadikan HP Android Menjadi Webcam dengan Iriun Webcam

Di masa-masa pandemi seperti ini, mau tidak mau kita diharuskan untuk bekerja ataupun belajar dari rumah. Membuka aplikasi seperti Zoom dan Google Meet sudah menjadi sebuah rutinitas harian bagi kita. Selain bekerja dan belajar, media pertemuan jarak jauh ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan lain seperti kumpul online, wawancara formal, webinar, dan banyak lagi lainnya. Artinya, banyak kegiatan resmi dan formal yang telah beralih ke media alternatif online ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengganti Slide PPT di Google Meet

Kebutuhan akan alat-alat yang memadai seperti webcam dan mikrofon pun mulai meningkat. Banyak orang mulai mencari dan membeli webcam dengan kualitas tinggi untuk melakukan kegiatan-kegiatan onlinenya, khususnya kegiatan formal, karena sebisa mungkin, kita harus terlihat jelas dan rapi meski hanya melalui media online. Sayangnya harga webcam di pasaran tidak sedikit yang mahal, terdapat beberapa webcam dengan resolusi 1080p dibanderol dengan harga sekitar 500 ribu hingga bahkan 1 jutaan!

Bagi mahasiswa seperti saya ini, uang segitu mungkin sayang sekali jika digunakan untuk dibelanjakan webcam. Oleh karena itu banyak dari kita yang bertanya-tanya, bisa tidak sih HP Android kita jadikan sebagai webcam? Karena secara kualitas pun kebanyakan HP Android di jaman sekarang ini dilengkapi dengan fitur kamera yang cukup baik.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah BISA! Kalian bisa menggunakan HP Android kalian sebagai webcam dengan aplikasi yang bernama Iriun Webcam. Dengan Iriun Webcam kita bahkan bisa menjadikan HP Android kita sebagai webcam di PC tanpa menggunakan kabel sama sekali lho. Oleh karena itu di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Menjadikan HP Android Menjadi Webcam dengan Iriun Webcam. Mau tahu caranya, baca terus artikel ini ya...

Logo Iriun Webcam (Sumber: Halaman Play Store Iriun Webcam)

Cara Menjadikan HP Android Menjadi Webcam dengan Iriun Webcam

1. Download Aplikasi Iriun Webcam di PC dan HP Android Kalian

Pertama, download dulu aplikasi Iriun Webcam masing-masing di PC dan HP Android kalian. Untuk versi PC, kalian bisa mendownload Iriun Webcam di link berikut ini. Sedangkan untuk versi Android, kalian bisa download aplikasi Iriun Webcam di Google Play Store atau kalian juga bisa klik di link berikut ini.

2. Pastikan PC dan HP Android Kalian Tersambung pada Jaringan WIFI yang Sama

Pastikan PC dan HP Android kalian terhubung pada jaringan WIFI yang sama ya sebelum menggunakan Iriun Webcam ini, karena koneksi WIFI inilah yang nantinya akan digunakan untuk menghubungkan kamera HP Android ke PC dengan Iriun Webcam ini.

3. Buka Aplikasi Iriun Webcam di PC dan di HP Android Kalian

Selanjutnya, buka aplikasi Iriun Webcam di PC dan di HP Android kalian, tunggu beberapa detik, kamera HP Android akan secara otomatis terhubung ke PC kalian. Kalian bisa mengatur resolusi yang kalian inginkan di aplikasi Iriun Webcam di PC. Sedangkan di aplikasi Iriun Webcam di HP Android, kalian bisa mengatur juga untuk menggunakan kamera depan maupun kamera belakang HP Android kalian. Cukup mudah bukan?

Pilihan Resolusi yang Bisa Diatur di Iriun Webcam

4. Atur Iriun Webcam Menjadi Webcam di Aplikasi Zoom, Google Meet, dan Lain-Lain

Setelah Iriun Webcam terhubung, sekarang kalian bisa menjadikan Iriun Webcam sebagai kamera di berbagai aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Discord, Ome TV, dan banyak lagi lainnya.

Sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk terlihat buram di kamera. Dengan bermodalkan HP Android pun, kita bisa mempunyai webcam dengan kualitas yang bagus juga lho. 

Sekian artikel saya kali ini tentang Cara Menjadikan HP Android Menjadi Webcam dengan Iriun Webcam. Semoga bisa bermanfaat, dan terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url