Cara Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia

Cara Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia - 5G adalah teknologi yang merupakan jenis atau generasi terbaru daripada teknologi sebelumnya, yaitu 4G. Teknologi 5G ini dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP) pertama kalinya pada tahun 2016 lalu. Data di dalam 5G ini akan ditransmisikan melalui gelombang radio yang memiliki frekuensi masing-masing.

Diketahui, 5G memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu 4G. Kecepatan dari 5G ini beragam mulai dari 50 Mbit/s hingga 1.000 Mbit/s (1 Gbit/s) yang mana dengan kecepatan sedemikian rupa, kita dapat mendownload berbagai file berukuran besar dengan sangat cepat.

Adapun beberapa device yang sudah support jaringan 5G adalah Samsung Galaxy S20, Nokie 8.3 5G, lalu ada iPhone 12 dan banyak device lagi lainnya.

Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia
Cara Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia

Bagi kalian yang sudah memiliki HP yang sudah mendukung 5G atau kalian yang masih ragu untuk membeli HP 5G karena takut kalau kalian tidak akan mendapat jaringan 5G di daerah kalian, kalian berada di artikel yang tepat. Di sini kita akan membahas tentang bagaimana cara cek jaringan 5G semua provider di Indonesia. Dengan cara ini kita dapat melihat apakah provider yang kita gunakan mendukung jaringan 5G di area atau daerah yang kita tempati atau tidak.

Cara Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia

1. Buka Website NPERF

Langkah pertama untuk cek jangkauan 5G adalah buka website NPERF.

2. Pilih Negara dan Operator yang kalian gunakan

Selanjutnya pilih negara serta operator yang kalian gunakan. Di sini, saya contohkan memilih negara Indonesia dan Operator Telkomsel untuk cek jangkauan 5G Telkomsel.

3. Cek Jangkauan Jaringan 5G

Selanjutnya akan muncul kumpulan titik berwarna yang mendefinisikan jaringan yang ada di daerah tersebut. Untuk titik berwarna merah artinya daerah tersebut sudah mendukung jaringan 4G. Sedangkan untuk 5G, hanya daerah yang memiliki titik warna ungu saja. Di Indonesia jaringan 5G hanya ada di beberapa tempat di beberapa kota besar saja seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya.

Cek Jaringan 5G di Indonesia
Cek Jaringan 5G di Indonesia

Itu cara sederhana untuk cek jangkauan 5G dengan provider tertentu di Indonesia, kalian juga bisa cek jangkauan 5G tersebut menggunakan provider lain dengan cara klik tombol Provider dan pilih provider lain.

Cek Jangkauan 5G di Dunia

Jika kalian ingin cek jangkauan 5G di dunia, kalian dapat klik tombol lingkaran besar berwarna ungu yang bertuliskan "DISCOVER our coverage map 5G" atau kalian juga langsung dapat klik Peta Jangkauan 5G Dunia. Nantinya kalian akan dibawa ke peta dunia yang menunjukkan area mana saja yang memiliki jaringan 5G. Umumnya jaringan 5G sudah merata di banyak negara maju seperti Amerika Serikat, negara-negara di Eropa, Jepang, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri dapat kalian lihat jaringan 5Gnya hanya sedikit saja, itu pun hanya di beberapa kota besar saja. Yang cukup membuat saya kaget adalah negara tetangga kita, yaitu Thailand ternyata sudah mendukung jaringan 5G yang merata di negaranya. Semoga ke depannya, pengembangan jaringan 5G di Indonesia dapat merata sehingga dapat memudahkan kehidupan penggunanya di Indonesia.

Peta Jangkauan 5G Dunia
Peta Jangkauan 5G Dunia

Video Tutorial

Jika kalian masih bingung dengan tutorial di atas, kalian dapat menonton video tutorialnya di bawah ini untuk memudahkan kalian cek jangkauan 5G semua provider di Indonesia.

Penutup

Itu tadi cara singkat untuk Cek Jangkauan 5G Semua Provider di Indonesia dengan mudah. Dengan cara ini kalian dapat mengetahui apakah provider serta daerah yang kalian tinggali mendukung jaringan 5G atau tidak. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url