Aplikasi untuk Menurunkan Nada Lagu di Android

Aplikasi untuk Menurunkan Nada Lagu di Android - Musik merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari hidup manusia. Musik memberikan warna baru yang menghiasi kehidupan. Salah satu cara sederhana dalam bermusik adalah dengan bernyanyi. Karaoke adalah salah satu bentuk bernyanyi yang sangat populer dan sering dilakukan oleh banyak orang terlebih kala mereka sedang stres untuk melepas rasa stresnya tersebut.

Salah satu permasalahan yang sering ditemui saat sedang berkaraoke adalah perbedaan nada vokal dari sang penyanyi karaoke dan musik instrumental pengiring karaokenya. Biasanya musik instrumental pengiring ini menyesuaikan nada asli dari penyanyi aslinya yang mana biasanya cukup tinggi untuk diikuti. Sehingga mau tak mau, kita harus menyiksa pita suara kita dengan suara-suara yang tinggi.

aplikasi untuk menurunkan nada lagu di Android
Aplikasi untuk Menurunkan Nada Lagu di Android

Untuk mengatasi perbedaan nada lagu ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur nada. Salah satunya adalah dengan mengatur nada karaoke di Youtube melalui ekstensi Chrome. Namun, cara yang akan kita bahas kali ini agak berbeda, karena kita akan menggunakan aplikasi untuk menaikkan nada lagu atau menurunkannya di Android. Di artikel ini kita akan membahas aplikasi untuk menurunkan nada lagu di Android yang bisa kalian gunakan untuk mengatur nada lagu karaoke sesuai dengan vokal kalian.

Aplikasi untuk Menurunkan Nada Lagu di Android

Aplikasi karaoke yang bisa naik turunkan nada di Android yang akan kita bahas di artikel ini adalah Up Tempo. Kalian bisa download aplikasi Up Tempo di Play Store. Aplikasi merendahkan nada lagu yang satu ini sangat mudah sekali untuk digunakan.

Logo Up Tempo (Gambar: Google Play Store)

Cara Mengatur Nada Lagu di Android dengan Up Tempo

Yang perlu kalian lakukan untuk menurunkan atau menaikkan nada lagu adalah menginstall Up Tempo dan juga siapkan file lagu mp3 musik instrumental karaoke yang kalian ingin atur nadanya.

1. Buka Aplikasi Up Tempo

Pertama-tama, buka aplikasi Up Tempo yang sudah kalian download dan install di Android kalian.

2. Tambahkan File Musik Instrumental Karaoke ke Up Tempo

Selanjutnya tambahkan file musik instrumental karaoke ke aplikasi Up Tempo dengan cara klik tombol plus (+) berwarna oren di pojok kiri bawah layar, lalu pilih Open, dan pilih file lagu musik instrumental karaoke kalian. Sekarang lagu kalian sudah tampil di layar aplikasi Up Tempo.

Klik tombol +

3. Atur Nada Lagu

Sekarang klik pada lagu musik instrumental karaoke yang muncul di playlist Up Tempo. Kalian akan menemukan tulisan Pitch dan Tempo. Untuk menurunkan nada lagu, kalian geser Pitchnya ke kiri sesuaikan dengan vokal kalian. Sementara untuk menaikkan nada lagu, kalian geser Pitchnya ke kanan. Selain itu kalian juga bisa mengatur tempo atau kecepatan lagu dengan menggeser Tempo sesuai keinginan kalian. Jika sudah, klik tombol Play berwarna oren di bagian bawah tengah layar untuk mendengarkan hasil lagu kalian. Yang terakhir, klik tombol Download di bagian atas layar untuk menyimpan file lagu hasil editan kalian.
Klik lagu yang ada di playlist

Atur Pitch dan Tempo lagu


Export lagu

Itu tadi aplikasi untuk menurunkan nada lagu di Android yang bernama Up Tempo serta cara menggunakannya. Sangat mudah, bukan? Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url