Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah

Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah - Dahulu, kita menggunakan listrik paskabayar, di mana kita sebagai pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu lalu membayar tagihan sesuai dengan yang kita gunakan pada periode bulan selanjutnya. Dengan cara ini, dulu kita sering sekali didatangi oleh petugas PLN yang mencatat dan memantau meter penggunaan listrik kita serta menagih tagihan listrik jika kita telat membayar hingga memutus listrik kita jika kita tidak membayar sampai pada waktu yang telah ditentukan. Namun saat ini, PLN juga menyediakan layanan yang diberi nama Listrik Pintar.

Listrik Pintar sendiri adalah nama yang diberikan oleh PLN untuk layanan listrik prabayar di mana pelanggan membayar terlebih dahulu listrik yang mereka ingin gunakan sesuai dengan kebutuhan mereka. Singkatnya, Listrik Pintar ini mirip sekali dengan sistem pulsa yang sering kita gunakan di HP kita yang mana kita diwajibkan untuk mengisi ulang pulsa sebelum dapat menggunakan HP kita untuk menelepon, mengirim pesan, serta menggunakan internet. Pulsa dalam layanan Listrik Pintar PLN ini sering disebut sebagai token. Token listrik ini dapat kita temukan dan beli dengan mudah baik melalui Bank, toko-toko di sekitar kita, minimarket, hingga layanan toko online di internet. Token listrik PLN ini berupa 20 digit angka yang nantinya perlu kita masukkan ke dalam kWh meter yang dikenal sebagai Meter Prabayar (MPB).

Meter Prabayar menampilkan jumlah daya yang masih tersisa dan tersedia untuk digunakan. Dalam kasus token listrik kita sudah menipis atau hampir habis, Meter Prabayar ini akan berbunyi serta warna lampunya akan berubah menjadi merah sebagai isyarat bahwa kita perlu melakukan isi ulang token listrik ini.

Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah
Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah

Layanan Listrik Pintar ini sekarang telah banyak sekali digunakan di banyak pemukiman hingga kontrakan dan kos. Namun, tak sedikit dari pelanggan yang masih bingung bagaimana cara memasukkan voucher listrik ini. Oleh karenanya di sini kita akan membahas secara singkat sebuah tutorial tentang bagaimana cara input kode token listrik dengan mudah.

Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah

1. Beli Token Listrik

Langkah pertama untuk mengetahui bagaimana cara memasukkan voucher token listrik ini adalah dengan membeli token listriknya terlebih dahulu. Kalian bisa membeli token listrik ini melalui gerai-gerai atau toko dan minimarket terdekat di tempat kalian maupun melalui online. Untuk membeli token listrik ini, kalian perlu mengetahui ID pelanggan atau nomor meter listrik kalian terlebih dahulu (11 digit nomor). Bagi kalian yang tidak tahu nomor meter listrik kalian, kalian bisa melihat alat Meter Prabayar kalian, lalu temukan 11 digit angka di dekat kode barcode yang menempel di meteran listrik PLN kalian.

2. Input Kode Token Listrik ke Meteran PLN

Selanjutnya, setelah kalian telah membeli token listrik, kalian akan diberi kode token listrik yang terdiri dari 20 angka. Cara input nomor token listrik ini sebenarnya cukuplah mudah. Kalian tinggal isikan saja 20 angka ini ke alat meteran PLN kalian. Langsung saja tekan tombol angka dan masukkan kode token sesuai yang telah kalian dapatkan. Jika ada kesalahan tekan angka kalian bisa menghapusnya dengan cara menekan tombol hapus (←). Setelah 20 angka tersebut telah kalian masukkan ke alat meteran, kalian klik tombol Enter (↩). Jika angka yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul notifikasi berhasil dan daya listrik (kWh) kalian akan bertambah. Namun, jika terdapat notifikasi gagal, maka kemungkinan kode token listrik yang kalian masukkan salah sehingga kalian perlu memasukkan kembali dengan kode yang benar.

Penutup

Itu tadi teman-teman sebuah tutorial singkat tentang bagaimana Cara Memasukkan Kode Token Listrik dengan Mudah. Sekarang kalian tak perlu lagi bingung bagaimana menambah daya listrik prabayar kalian. Jika dirasa bermanfaat, kalian bisa membagikan artikel tutorial ini ke teman maupun keluarga kalian. Terima kasih telah membaca artikel tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url