Cara Mengatasi Touch Screen HP Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Touch Screen HP Bergerak Sendiri - Kerusakan pada ponsel memang tidak dapat dihindari. Kerusakan yang terjadi pun bermacam-macam bisa akibat pemakaian yang terlalu lama, kerusakan sistem, ataupun akibat kecelakaan. Beberapa ponsel pun menunjukkan gejala kerusakan seperti toucscreen yang bergerak sendiri. Jika Anda menemukan kondisi seperti itu, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai cara mengatasi touch screen HP bergerak sendiri.

Penyebab layar hp bergerak sendiri sebenarnya bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya adanya masalah pada baterai, masalah pada charger, akibat pemakaian HP yang terlalu panas, terjadi bug di sistem, ataupun masalah pada komponen ponsel misalnya layar atau LCD HP.

Cara Mengatasi Touch Screen HP Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touch Screen HP Bergerak Sendiri

Sebenarnya ada upaya paling sederhana sebagai cara mengatasi layar hp bergerak sendiri yakni dengan melakukan restart pada android yang Anda miliki tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya akan dipaparkan beberapa tips dan cara agar Anda dapat mengatasi Ghost Touch tersebut agar kembali normal.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Apabila Anda mengalami situasi di mana layar ponsel bergerak sendiri, maka Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana berikut:

1. Mengganti kabel dan Charger HP

Terkadang, charger dan kabel yang rusak menyebabkan layar HP bergerak sendiri ketika sedang mengisi daya. Charger yang rusak tidak bisa digunakan untuk mengisi daya karena dapat menimbulkan kerusakan pada komponen dalam ponsel Anda. Untuk itu segera ganti kabel dan charger HP Anda apabila menemukan gejala kerusakan.

2. Mengganti Baterai

Ketika baterai sudah pada kondisi tidak layak pakai, atau kemampuan baterai mulai berkurang, maka Anda juga harus melakukan penggantian baterai. Jika ponsel Anda android, maka tanda baterai sudah memiliki penurunan performa yakni ketika baterai lebih mudah habis padahal belum lama mengisi daya.

3. Mendinginkan HP agar tidak panas

Overheat memang menjadi penyebab ghost touch pada ponsel sehingga ada baiknya Anda memakai HP secara wajar dan memberikan jeda pemakaian agar HP kembali dingin dan tidak dalam keadaan panas secara terus-terusan. Panasnya ponsel bisa menyebabkan rusaknya komponen HP seperti layar HP bahkan bisa menimbulkan ledakan. Untuk itu, jangan gunakan HP dengan kinerja berat tiada henti ya!

4. Mengecek dan Membersihkan Pelindung Layar

Pelindung layar merupakan komponen yang cukup esensial karena dapat melindungi layar dari goresan sehingga sensitivitas layar tetap terjaga. Pelindung layar ini juga memberikan perlindungan dari debu, kotoran, maupun paparan sinar matahari.

Ketika Anda menemukan layar Anda bergerak sendiri, maka Anda dapat mencoba mengganti pelindung layar atau membersihkannya.

5. Mengganti ROM pada HP

Kinerja HP juga dipengaruhi oleh ROM pada ponsel. Ketika ruang memori yang tersisa semakin menipis, maka kinerja ponsel Anda bisa saja melambat. Mengganti ROM ini sebenarnya dilakukan untuk memperlancar kinerja ponsel namun dapat juga mengatasi masalah ghost touch pada layar HP Anda.

6. Melakukan Factory Reset

Cara yang paling dihindari oleh banyak orang adalah reset HP ke pengaturan pabrik. Hal ini memang kurang nyaman mengingat Anda harus memulai dari awal untuk mengunduh aplikasi dan settings banyak hal. Belum lagi banyak daa yang hilang. Ini memang cukup membuat repot dan memakan waktu namun juga termasuk cara yang bisa dicoba untuk mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Factory reset ini membuat Anda harus melakukan pengaturan pada ponsel Anda karena seluruh sistem dan data di dalamnya dikembalikan seperti semula, yakni ketika Hp pertama kali dibeli.

Dari cara-cara di atas, sebenarnya masih ada satu cara lagi jika seluruh cara tersebut benar-benar tidak mempan yaitu membawanya ke service HP. Di tempat service tersebut pastinya layar ponsel yang bergerak sendiri akan didiagnosis kemudian diberikan penanganan yang tepat.

Demikianlah bahasan mengenai Cara Mengatasi Touch Screen HP Bergerak Sendiri. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url