Apa Itu Google Sites?

Google tak henti-hentinya berinovasi dalam melebarkan sayapnya di dunia digital. Berbagai layanan produk hebat telah dirilis, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, dan lain sebagainya. Sepertinya, tidak akan pernah ada rasa puas bagi Google padahal bisa dibilang, saat ini Google merupakan search engine nomor 1 yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Berbagai layanan Google pun selalu memudahkan para penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bekerja. Sebut saja Gmail atau Google Mail yang biasa digunakan untuk bertukar pesan secara elektronik, lalu  Google Drive yang berfungsi sebagai media penyimpanan cloud atau online, Google Meet sebagai tempat untuk melakukan kelas atau seminar secara online, serta banyak layanan dari Google lainnya yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan manusia pada masa kini. Salah satu layanan dari Google yang akan kita bahas kali ini adalah Google Sites. Pasti kalian penasaran, apa itu Google Sites? Jadi, Google Site adalah.....ehh, kalau mau tahu lebih lengkap mengenai Google Sites, baca aja artikel ini sampai bawah ya hehehe.

Google Sites Logo
Google Sites (Gambar: PJ Seo Specialists)

Apa itu Google Sites?

Google Sites adalah sebuat layanan website gratis Google yang memungkinkan kita untuk membuat halaman website sendiri dengan mudah. Kita dapat mengembangkan website menggunakan layanan Google Sites ini. Seperti yang kita tahu, di masa-masa sekarang ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi seseorang atau usaha yang ingin mempromosikan dan mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan agar terlihat lebih profesional.

Tampilan Google Sites
Tampilan Google Sites

Manfaat Google Sites

Seperti yang sebelumnya saya sudah tuliskan, Sies Google di sini dapat kita gunakan untuk membuat website untuk mempromosikan jasa atau produk dari suatu individu ataupun suatu usaha agar tampak lebih profesional. Selain itu, Google Sites untuk pembelajaran bisa juga lho! Web Google Site atau Blog Google Site ini bisa juga digunakan oleh tutor atau guru untuk berbagi media pembelajaran dengan para muridnya. Kalian pun juga bisa membuat landing page dengan Google Site. Lalu, apa saja kegunaan luar biasa dari Google Sites yang lainnya? Yang luar biasa, cara menggunakan Google Sites itu gampang! Mendesain website melalui Google Sites sangat mudah, seperti halnya kalian mendesain presentasi ataupun foto. Tidak ada kode-kode pemrograman seperti HTML Google Site. Jadi meskipun kalian tidak memiliki latar belakang di dunia pemrograman web, kalian pun juga bisa membuat dan mendesain website sendiri. Di Google Sites juga banyak template Google Sites gratis yang tersedia untuk yang bisa kalian gunakan untuk menghias website kalian.

Fitur Google Sites

Integrasi dengan Layanan Google Lainnya

Integrasi Layanan Google Sites
Integrasi Layanan Google Sites

Dengan menggunakan Google Sites, kita dapat terintegrasi dengan layanan lain dari Google seperti Google Site Drive, Youtube, Maps, Calendar, Docs, dan lain sebagainya, sehingga kita bisa dengan mudah menghubungkan website kita dengan layanan-layanan dari Google lainnya. Selain itu juga terdapat plugin Google Sites yang tentunya akan memudahkan kita dalam mendesain website kita.

Akses

Kita dapat membatasi akses siapa saja yang bisa berkunjung ke website kita dengan Google Sites ini.

Tampilan yang Mudah dan Sederhana

Tampilan dari Google Sites sendiri sangat mudah dan sederhana. Jadi buat kalian yang bertanya cara membuat Sites Google ini, kalian langsung aja deh buka situs Google Sites, terus coba buat website, pasti kalian akan sangat kaget melihat tampilan dan fitur untuk medesain website yang sangat mudah tanpa ada kode-kode pemrograman website yang rumit.

Dapat Custom Domain

Custom Domain Google Sites
Custom Domain Google Sites

Pertanyaan ini pasti juga akan muncul ketika membahas Google Sites, "Cara custom domain Google Site bagaimana?". Google Sites sendiri menyediakan kita fitur untuk mengubah domain kita menjadi domain TLD seperti .com .net. .org, dan lain sebagainya agar website menjadi lebih profesional. Kita bisa menyewa domain secara langsung melalui website Google Sites ataupun melalui pihak ketiga lainnya.

Banyak Template Website Keren

Templates Google Sites
Beberapa Template Website Google Sites

Google Sites menyediakan beberapa template menarik dan keren yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian, seperti template untuk website CV, website restoran, website event, website portofolio, website kelas, website fotografi, dan lainnya.

Contoh Website Google Sites

Berikut ada contoh website asal-asalan yang saya coba buat di Google Sites wkwkwk. Di sini saya menggunakan template website restoran yang telah disediakan oleh Google Sites. Kalian bisa buka di link ini.

Contoh Website Google Sites
Contoh Website Google Sites

Cara Membuat Google Sites

Membuat Website Google Sites

Seperti yang sudah saya katakan berulang-ulang di atas. Membuat website di Google Site itu sangat mudah sekali. Yang kalian butuhkan hanya akun Google saja. Pertama-tama masuk ke website Google Site, lalu pilih template website sesuai kebutuhan kalian, atau kalian juga bisa pilih template kosongan untuk nantinya kalian desain sendiri. Selanjutnya, kalian tinggal isi saja website kalian dengan menu-menu, tulisan, serta gambar dan video yang kalian inginkan untuk ditampilkan di website Google Sites kalian. Jika sudah, tinggal kalian publish saja website kalian.

Membuat Website di Google Sites
Membuat Website di Google Sites

Membuat Website Google Sites di Android

Ketika artikel ini ditulis, masih belum ada aplikasi Google Sites di Android. Bagi kalian yang ingin membuat Google Site di Android, kalian bisa membuka Google Sites melalui browser Google Chrome di HP Android kalian, lalu ubah tampilannya ke mode Desktop atau Desktop Site.

Sekian artikel singkat saya mengenai Google Sites. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian mengenai Google Sites serta cara membuat dan menggunakan serta mendesain website di Google Sites.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url