Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengganti Slide Presentasi Power Point di Google Meet

Logo Google Meet

Setelah kemarin saya menulis artikel tentang Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Origin "We're Sorry, But We're Having Some Technical Difficulties. Please Try Again Later.", kali ini artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Adanya pandemi Covid 19 ini membuat hampir semua kantor, sekolah, maupun universitas meniadakan kegiatan secara langsung. Sebagai gantinya, mereka menggunakan metode daring untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan. Begitu pula dengan saya, saat ini saya, perkuliahan di kampus saya semua dilakukan secara online. Ada 2 platform yang cukup sering digunakan oleh dosen saya untuk melangsungkan aktivitas perkuliahan, yakni Zoom dan Google Meet.

Ilustrasi presentasi Google Meet

Karena artikel ini topiknya Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengganti Slide Presentasi Power Point di Google Meet, maka saya langsung saja pada pokok pembahasan di Google Meet ini. Awalnya saya tidak merasakan masalah apapun ketika menggunakan Google Meet ini. Namun, sejak suatu saat ketika saya hendak melakukan share screen untuk presentasi, di layar komputer saya, saya sudah melaju ke slide 5, tetapi tiba-tiba dosen dan kawan saya memotong presentasi saya. Kaget dong saya hahaha. Mereka bilang kalau presentasi saya masih menampilkan slide awal saja di layar mereka. Akhirnya saya coba meminta untuk presentasi ulang, tetapi hasilnya masih sama saja. Karena putus asa, saya minta tolong salah satu teman saya untuk membantu mempresentasikan presentasi saya untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini tidak terjadi sekali, dua kali saja, namun cukup sering bagi saya. Menurut saya masalah ini cukup sepele, namun jika tidak segera saya atasi, masalah lain pun akan berdatangan. Karena saya sadar, media Google Meet ini cukup penting untuk digunakan nantinya di kemudian hari.

Pernah suatu saat, salah satu teman kuliah saya juga mengalami masalah serupa, dia tidak bisa mengganti slide presentasinya. Lantas, saya tanyakan browser apa yang dia gunakan. Ternyata dia menggunakan browser yang sama dengan saya. Setelah saya pikir-pikir, apakah masalahnya ada di browser yang saya gunakan ini?

Akhirnya saya coba ganti browser ke Google Chrome, di mana saya sangat yakin karena Google Chrome dan Google Meet merupakan produk dari induk yang sama, yaitu Google. Ternyata benar sekali! Setelah saya menggunakan Google Chrome, aktivitas saya di Google Meet sama sekali tidak menemukan masalah, tidak pernah ada lagi freeze kamera, tidak ada lagi stuck di slide presentasi. 

Logo Google Chrome
 

Di sini saya tidak menyebutkan browser yang sebelumnya saya gunakan, karena saya sama sekali tidak mengetahui apa penyebab error yang terjadi di Google Meet ketika saya menggunakan browser tersebut. Menurut saya, mungkin karena browser tersebut tidak memiliki sistem atau fitur yang seoptimal Google Chrome pada Google Meet. Secara logika saja, Google Meet pasti bisa dengan lancar dijalankan pada Google Chrome karena mereka tinggal dalam satu payung Google. Saya hanya membagikan pengalaman saya saja di sini. Semoga kalian yang memiliki masalah serupa bisa terbantu.


Next Post Previous Post
5 Comments
  • duhaihaistz
    duhaihaistz 8 Agustus 2021 pukul 18.56

    aku udah pake google chrome dar duluu n baik baik aja ehh hariini lg persiapan presentasi buat besok malah gabisaa�� untung feeling dicobain duluu

  • duhaihaistz
    duhaihaistz 8 Agustus 2021 pukul 18.57

    aku udah pake google chrome dar duluu n baik baik aja ehh hariini lg persiapan presentasi buat besok malah gabisaa😥 untung feeling dicobain duluu

    • Adrin
      Adrin 16 Agustus 2021 pukul 22.38

      Coba update Google Chrome ke versi yang terbaru

  • Okeblog
    Okeblog 9 Agustus 2021 pukul 21.47

    Saya juga menggunakan browsee chrome. Namun masih saja terkendala masalah tersebut

    • Adrin
      Adrin 16 Agustus 2021 pukul 22.38

      Bisa coba update Google Chrome ke versi yang terbaru

Add Comment
comment url