Cara Jual Foto di Shutterstock dengan Mudah

Cara Jual Foto di Shutterstock dengan Mudah - Adakah dari kalian para pembaca yang gemar memotret atau memiliki hobi fotografi? Tahukah kalian, ternyata hobi fotografi yang sering kalian lakukan ini, selain dapat menjadi wadah kreativitas dan mengisi waktu luang, hasil foto yang kalian potret juga dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat potensial lho! Hasil karya fotografi yang telah kalian abadikan ini dapat kalian salurkan atau kalian jual melalui berbagai situs Microstock yang ada di internet.

Sederhananya, situs Microstock sendiri ialah situs yang menjadi wadah para fotografer maupun editor foto untuk menjual karya foto yang telah mereka ciptakan untuk dipasarkan kepada para calon pembeli yang tak lain seperti media, agensi foto, maupun pengguna biasa yang membutuhkan foto kalian untuk digunakan dalam keperluan mereka, misalnya digunakan untuk menjadi gambar pelengkap di media, majalah, koran, dan lain sebagainya. Umumnya, di dalam situs Microstock, foto kalian akan dihargai setiap kali ada yang mendownload foto kalian. Terdapat banyak sekali situs Microstock yang dapat kalian pilih untuk memasarkan hasil karya foto kalian. Beberapa yang populer di antaranya adalah Shutterstock, Getty Images, Adobe Stock, dan masih banyak situs Microstock lain.

Pada artikel kali ini, kita akan secara khusus membahas tentang bagaimana cara jual foto di Shutterstock dengan mudah. Shutterstock sendiri merupakan salah satu situs Microstock terpopuler yang ada di internet. Situs Microstock yang memiliki kantor pusat di kota New York, Amerika Serikat ini telah menjadi wadah dan menjual jutaan foto sejak didirikan pada tahun 2003 silam. Melalui situs microstock Shutterstock ini, kita tak hanya dapat menjual foto hasil jepretan kamera kita saja, kita juga dapat menjual footage video, musik, ilustrasi, dan juga gambar vektor hasil kreasi kita. Oleh karenanya tak heran jika situs microstock yang satu ini menjadi salah satu situs microstock yang digemari oleh para kreator dan juga para pembeli hasil karya.

Cara Jual Foto di Shutterstock dengan Mudah

Cara Jual Foto di Shutterstock dengan Mudah
Cara Jual Foto di Shutterstock dengan Mudah

Teknis Penjualan Foto di Shutterstock

Gambaran sistem penjualan foto di Shutterstock sebenarnya sangat sederhana, kita hanya perlu untuk mengunggah hasil karya foto kita yang nantinya akan dinilai atau direview oleh pihak Shutterstock sendiri untuk menentukan apakah hasil fotografi kita layak atau tidak untuk dipasarkan melalui situs Shutterstock.

Jika karya fotografi kita ditolak, kita akan diberikan informasi penilaian apa saja yang membuat foto kita ditolak dan kalian bisa memperbaiki hal itu lalu mengunggahnya kembali ke Shutterstock untuk direview lagi. Jika foto yang telah kita unggah diterima, kita hanya perlu menunggu pengguna lain untuk mulai membeli dan mengunduh foto kita tersebut. 

Setiap download yang terjadi pada foto kita biasanya dihargai mulai dari $0.1 hingga ratusan USD. Kita dapat mencairkan hasil penjualan foto kita di Shutterstock melalui PayPal, Payoneer, dan juga Skrill jika pendapatan kita telah terkumpul minimal $35.

Oh ya, selain foto, kita juga dapat menjual gambar vektor, ilustrasi, musik, dan juga video footage di situs Shutterstock. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti teknis unggah foto yang mana nantinya baik itu vektor, ilustrasi, musik, maupun video footage juga akan dilakukan review atau penilaian terlebih dahulu dari pihak Shutterstock dan kemudian baru akan dipasarkan jika hasil karya tersebut telah diterima.

Setelah kita mengetahui bagaimana teknis atau sistem penjualan foto di Shutterstock, di bawah ini kita akan melihat bagaimana cara jual foto di Shutterstock 2019 dengan mudah.

Cara Upload Foto di Shutterstock

Pendaftaran

Langkah awal untuk menjual foto di Shutterstock adalah dengan mendaftar terlebih dahulu melalui situs Shutterstock Contributor. Kalian dapat mendaftar melalui link Shutterstock Contributor ini. Setelah masuk ke halaman Shutterstock Contributor, klik tombol Sign Up untuk melakukan pendaftaran akun. Pastikan kalian isi form pendaftaran dengan benar dan lengkap mulai dari nama, email, password dan kemudian silakan lakukan verifikasi email untuk mengaktifkan akun Shutterstock kalian.

Form Pendaftaran Shutterstock
Form Pendaftaran Shutterstock

Upload Foto ke Shutterstock

Setelah akun kalian aktif, silakan login ke akun Shutterstock kalian melalui situs Shutterstock Contributor dan klik tombol Add di pojok kanan atas layar, lalu upload foto atau video yang kalian ingin jual ke Shutterstock. Kalian dapat mengunggah lebih dari satu foto atau video sekaligus.

 

Deskripsi Foto dan Keyword Shutterstock
Deskripsi Foto dan Keyword Shutterstock

Selanjutnya berikan informasi mengenai foto tersebut mulai dari tipe gambar, penggunaan, deskripsi, dan juga kategori dan juga kata kunci dari foto yang kalian upload. Mengingat lingkup pasar dari Shutterstock sendiri adalah internasional, usahakan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam mengisi deksripsi hingga kata kunci dari foto yang kalian unggah dan juga judul yang menarik untuk memikat pembeli dari seluruh dunia untuk mendownload foto kalian. Jika sudah, jangan lupa tekan tombol Submit berwarna merah untuk mengumpulkan karya fotografi kalian untuk dapat direview oleh pihak Shutterstock.

Review Foto oleh Shutterstock

Setelah kalian submit kaya kalian, foto kalian akan masuk dalam menu Pending, yang mana artinya adalah foto-foto kalian sedang direview oleh pihak Shutterstock. Silakan kalian tunggu proses review ini maksimal 5 hari. Terkadang proses review ini dapat berlangsung beberapa menit saja. Kalian dapat secara berkala membuka akun Shutterstock Contributor kalian untuk mengecek apakah foto-foto kalian telah selesai direview atau belum. Tapi biasanya hasil review diterima atau tidaknya foto kalian akan diberitahukan melalui Email. Jadi intinya sabar dan tunggu saja proses ini.

Foto Shutterstock Diterima
Foto Shutterstock Diterima

Apabila foto kalian ditolak, akan terdapat alasan penolakan, misalnya gambar blur atau tidak jelas, gambar terlalu gelap, dan lain sebagainya. Kalian dapat memperbaiki atau mengedit ulang foto yang telah tertolak lalu melakukan unggah ulang. Namun, jika foto kalian diterima, artinya foto kalian siap untuk dipasarkan untuk didownload banyak pengguna di seluruh dunia.

Penjualan Foto di Shutterstock

Setelah foto kalian diterima untuk dipasarkan, kalian hanya perlu menunggu untuk pengguna lain membeli dan mendownload foto kalian ini. Sembari menunggu, kalian juga dapat menambah portofolio karya fotografi kalian di Shutterstock agar peluang foto-foto kalian terjual semakin besar.

Penutup

Bagi kalian yang hobi melakukan kegiatan fotografi, sekarang kalian tidak perlu bingung ke mana kalian bisa menyalurkan hasil karya fotografi kalian. Beragam situs Microstock di internet telah hadir untuk mewadahi dan memasarkan karya kalian. Salah satu situs Microstock ini ialah Shutterstock. Melalui Shutterstock, foto-foto yang telah kalian hasilkan dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi kalian yang gemar memotret. Adapun tips jual foto di Shutterstock ini adalah unggah foto-foto terbaik kalian lalu bumbui dengan judul atau deskripsi yang menarik serta tambahkan kata kunci yang mendukung. Tak lupa, pastikan bahwa informasi mengenai gambar kalian ini ditulis menggunakan bahasa Inggris agar foto kalian ini dapat dengan mudah tersalurkan ke pengguna lain di seluruh dunia.

Itu tadi adalah tutorial singkat mengenai bagaimana cara jual foto di Shutterstock dengan mudah. Sekarang kalian sudah bisa memulai untuk mengunggah foto dan mendapatkan keuntungan dari foto yang kalian jual. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url