Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor

Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor - Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi atau membuat dan mengedit gambar vektor, kalian tahu tidak kalau hobi yang kalian sering jalani ini memiliki potensi sebagai salah satu sumber penghasilan bagi kalian? Karya foto atau gambar vektor yang telah banyak kalian hasilkan bisa kalian jual di internet melalui website-website Microstock yang banyak tersedia di internet.

Website Microstock sendiri dapat didefinisikan secara sederhana sebagai website yang menjadi tempat para fotografer atau editor gambar untuk memasarkan dan menjual hasil karya mereka. Di sisi lain, website Microstock juga menjadi tempat bagi para media, agensi foto, atau pengguna lain untuk mencari gambar yang diinginkan dan dibutuhkan untuk kemudian dibeli. Gambar yang dibeli ini bisa dijadikan sebagai gambar di koran, media, website, dan banyak lagi lainnya. Kebanyakan website Microstock menggunakan karya royalty-free di mana karya kalian akan dihargai setiap kali karya itu didownload oleh pengguna lain. Beberapa contoh website Microstock yang cukup digemari adalah Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, Getty Images, dan juga banyak website serupa lagi lainnya.

Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor
Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas Cara Jual Foto di Dreamstime, di artikel ini, kita akan membahas salah satu website Microstock yang cukup populer, namanya Adobe Stock Contributor. Singkatnya, Adobe Stock Contributor ini merupakan website Microstock yang memungkinkan kontributor untuk menjual hasil karya mereka baik itu berupa foto, gambar vektor, dan video. Website Microstock yang memiliki logo ST Adobe Stock ini merupakan salah satu layanan yang dikembangkan oleh Adobe, salah satu perusahaan yang menciptakan bermacam software komputer asal Amerika Serikat.

Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor

Teknis Penjualan Foto di Adobe Stock Contributor

Teknis penjualan di Adobe Stock Contributors ini sebenarnya cukup sederhana. Kalian hanya perlu mendaftar, mengupload karya kalian yang bisa berupa foto, gambar vektor, atau video, selanjutnya karya kalian akan direview oleh pihak Adobe Contributor. Jika hasil karya kalian lolos, maka karya kalian tersebut akan mulai dipasarkan di website Adobe Stock dan kalian akan mendapat komisi atau penghasilan dari setiap pengguna yang mengunduh hasil karya kalian. Fee yang kalian dapatkan dari setiap karyanya juga akan sangat beragam, mulai dari sekitar $0.1 per foto hingga $70 per videonya.

Untuk minimum pencairan komisi di Adobe Stock Contributor adalah $25. Jadi jika kalian telah mengumpulkan minimal $25, kalian bisa menarik hasil penjualan kalian melalui PayPal, Payoneer, atau Skrill.

Cara Upload Foto di Adobe Stock Contributor

1. Pendaftaran

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah mendaftar sebagai kontributor foto di website Adobe Stock Contributor. Pastikan kalian mengisi menggunakan identitas kalian sebenar-benarnya.

2. Kirim Foto

Selanjutnya, kirim karya kalian, bisa berupa foto, gambar vektor, atau video dengan cara klik tombol Upload di bagian kanan atas Dashboard Adobe Stock Contributor kalian. Di halaman upload, terdapat beberapa ketentuan karya yang harus kalian perhatikan, misalkan untuk foto, file foto kalian haruslah berformat .JPEG dengan resolusi minimal 4MP dan maksimalnya 100MP dan memiliki ukuran maksimal sebesar 45MB.

Upload foto kalian dan beri keterangan serta kata kunci pada foto yang telah kalian upload. Pastikan kalian menggunakan bahasa Inggris untuk mengisi keterangan dan kata kunci pada foto karena foto kalian akan dipasarkan di website Adobe Stock yang mana penggunanya berasal dari seluruh dunia.

kata kunci Adobe Stock Contributor
Beri keterangan dan kata kunci lalu submit

Jika keterangan dan kata kunci pada foto telah kalian isi, kalian bisa kirim file foto kalian dengan cara klik tombol Submit di bagian kanan atas layar kalian.

3. Review Foto oleh Adobe Stock

Dalam waktu beberapa hari setelah kalian mengirim foto kalian, kalian akan mendapati email dari Adobe Stock apakah foto kalian diterima atau ditolak. Jika foto kalian ditolak, biasanya akan diberi alasan dan saran penolakan yang selanjutnya bisa kalian coba perbaiki untuk dikirimkan ulang kembali.

4. Penjualan Foto

Setelah foto kalian diterima, artinya foto kalian juga telah dipasarkan di website Adobe Stock. Kalian hanya perlu menunggu hingga ada pengguna lain yang mendownload foto kalian. Sembari menunggu, kalian juga bisa mengirim foto atau karya lain sebanyak-banyaknya untuk menambah portfolio karya kalian di Adobe Stock Contributor.

Penutup

Website Microstock semacam Adobe Stock Contributor ini memiliki potensi yang besar sebagai salah satu sumber penghasilan bagi kalian yang memiliki hobi fotografi atau editing foto dan video. Dengan adanya website Microstock, kalian bisa memasarkan hasil karya kalian sebagai kontributor yang independen.

Itu tadi pembahasan singkat mengenai Cara Jual Foto di Adobe Stock Contributor. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url