Cara Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger

Cara Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger - Blogger merupakan salah satu CMS atau Content Management System yang cukup populer di dunia untuk digunakan sebagai media mengolah konten di suatu website. Dengan menggunakan Blogger, kita tidak perlu menyewa hosting yang biayanya cukup menguras dompet karena Google telah menyediakan hosting gratis melalui Blogger. Hanya saja, domain yang disediakan oleh Blogger masih berupa subdomain .blogspot.com , jadi untuk mengubah menjadi domain TLD seperti .com, .net, dan lain sebagainya, kita masih harus menyewa dan melakukan kustom domain dari penyedia domain ke blog atau website di Blogger milik kita.

Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger
Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger

Sebagai CMS yang populer, Blogger tentunya memiliki tampilan atau interface yang juga ramah untuk digunakan oleh pemula yang bahkan tidak mengerti bahasa pemrograman web sekalipun. Tanpa pengetahuan akan bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, atau PHP, pengguna Blogger dapat dengan mudah memposting tulisan mereka dan membuat blog di Blogger.

Salah satu cara mendesain tampilan web melalui Blogger adalah melalui menu Tata Letaknya. Di dalam menu tata letak kita bisa mengubah, menambahkan, serta menghapus widget yang kita perlukan untuk mengisi tampilan web kita. Widget ini merupakan semacam aplikasi atau fitur pelengkap yang bisa gunakan untuk menambah fungsi suatu web.

Widget tidak bisa dihapus

Dalam praktiknya, ada beberapa template Blogger yang mengunci suatu widget di Tata Letak. Oleh karenanya, kita sama sekali tidak bisa memindah ataupun menghapus widget tersebut. Jika widget tersebut tidak kita butuhkan dalam web kita, hal ini akan memperberat loading dari suatu web, dan tentunya akan mempengaruhi kualitas SEO On-Page dari web itu. Di artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger.

Cara Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger

Cara Setting Widget yang Terkunci

1. Masuk ke menu Template dan masuk ke menu Edit HTML Template dengan cara klik tanda panah di samping tulisan Customize dan pilih Edit HTML.

Masuk ke menu Template dan pilih tanda panah di samping Customize

Klik Edit HTML

2. Cari nama widget yang ingin kalian hapus dengan cara tekan Ctrl+F di keyboard kalian dan cari nama widget kalian. Kalian mungkin akan menemukan beberapa kata yang sama dengan nama widget kalian, usahakan cari nama widget yang berada di kumpulan kode HTML seperti di bawah ini.

3. Ganti kode locked:'true' menjadi locked:'false'.

Cari nama widget, dan ganti kode locked

4. Klik Simpan Template dan kembali ke halaman Tata Letak.

Sekarang kalian bisa mengubah, memindah, ataupun menghapus widget yang sebelumnya tidak bisa kalian apa-apakan ini. Sebelumnya widget tersebut dikunci dengan kode HTML di template, oleh karenanya, untuk membuka akses widget ini, perlu memodifikasi kode HTML seperti yang barusan kita lakukan di atas.

Widget bisa dihapus

Itu tadi artikel tutorial tentang Cara Menghapus Widget yang Tidak Bisa Dihapus di Blogger. Terima kasih telah membaca. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url