Cara Menyembunyikan Blog dari Search Engine

Cara Menyembunyikan Blog dari Search Engine - Blog merupakan sarana atau media tulis online yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang dalam berbagai hal, mulai dari wadah hobi menulis, sebagai jurnal harian atau diary, sebagai media promosi, hingga sebagai identitas dari usaha atau bisnis yang ditekuni. Salah satu CMS atau Content Management System dan hosting blog yang digemari adalah Blogger. Blogger sendiri adalah layanan blog gratis yang disediakan oleh Google dengan subdomain blogspot.

Search Engine adalah mesin pencari yang biasa kita gunakan untuk menjelajah atau melakukan browsing di browser. Salah satu search engine yang paling terkenal serta paling sering digunakan adalah Google. Selain Google, terdapat banyak sekali search engine di luar sana yang juga memiliki fungsi yang sama layaknya Google seperti Yandex, Bing, DuckDuckGo, dan lain-lain. Kehadiran search engine ini memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia internet karena bisa mengumpulkan atau menghimpun apa saja yang kita cari di dalamnya.

Menyembunyikan Blog dari Search Engine
Menyembunyikan Blog dari Search Engine

Secara umum, jika kita memiliki blog atau website lalu kita mempublikasikan artikel di dalamnya, maka halaman blog kita ini akan terdeteksi di search engine. Sehingga jika orang lain mencari nama blog kita atau mencari artikel kita, mereka akan dengan mudah menemukan blog kita melalui pencarian di search engine ini. Mungkin bagi sebagian orang hal ini bukanlah sebuah masalah. Namun, bagi sebagian orang yang lain, mungkin mereka merasa bahwa blog mereka haruslah memiliki privasi agar tidak bisa terindeks di search engine. Biasanya blog yang tidak ingin terindeks ini adalah blog pribadi atau privat blog, blog yang sedang dalam pengerjaan, atau blog yang berisi postingan blog yang melanggar aturan Google sehingga mereka tidak ingin agar isi blog mereka diindeks oleh Google dan Search Engine lainnya. Untuk itu, di artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan blog dari search engine agar blog kita memiliki privasi dan tidak terindeks di search engine.

Cara Menyembunyikan Blog dari Search Engine

1. Masuk ke Blogger Kalian

Yang pertama harus kalian lakukan untuk menyembunyikan blog dari Google atau search engine adalah masuk ke akun Blogger kalian dan pilih Blog yang ingin kalian sembunyikan.

2. Atur Visibilitas Blog

Lalu masuk ke Settings, di bagian Privacy, di tulisan Visible to search engine, arahkan tombol ke kiri untuk mematikan visibilitaas search engine. Dengan mematikan pengaturan ini, artinya search engine tidak akan bisa mengindeks blog kalian. Jika kalian ingin mengaktifkannya lagi, kalian tinggal ulangi cara yang sama namun, aktifkan tombol ke kanan.

Menyembunyikan Blog dari Search Engine
Menyembunyikan Blog dari Search Engine

Sekarang kalian tahu bagaimana cara menyembunyikan blog dari search engine dengan mudah. Terima kasih telah membaca artikel tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url