Perlukah Kita Belajar Bahasa Asing?

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kita tidak bisa hanya berdiam diri di tempat kita sendiri. Budaya di dunia ini telah tercampur aduk akibat adanya globalisasi ini. Dunia semakin terhubung antar satu dengan yang lainnya. Untuk menjembatani perbedaan ini, bahasa memang peranan penting di sini. Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk menyatukan pemikiran dan pemahaman yang ada di dunia ini. 

Ilustrasi Salam dalam Berbagai Bahasa di Dunia (Sumber: www.communicaid.com)

Sayangnya, bahasa Inggris sendiri bukanlah merupakan bahasa ibu bagi sebagian besar masyarakat di dunia seperti kita. Sehingga dalam penyampaian pemikiran maupun pemahaman, sering terdapat adanya salah paham atau misinterpretasi. Entah itu kita salah menyampaikan sesuatu ataupun mereka yang salah mengartikan sesuatu.

Oleh sebab itu, memiliki kemampuan berbahasa Inggris memanglah sangat penting di jaman seperti sekarang ini. Tapi, memiliki kemampuan bahasa asing selain bahasa Inggris juga tidak kalah pentingnya. 

Apa keuntungan saya belajar bahasa asing selain bahasa Inggris? Toh, dengan berbahasa Inggris, kita sudah bisa menjelajahi isi dunia. Betul sekali, dengan bahasa Inggris kita bisa berkelana dari Kutub Utara hingga ke Kutub Selatan dan berkomunikasi dengan orang-orang luar yang kita temui. Namun, belum tentu kita bisa memahami dan mengerti maksud mereka.

Beberapa alasan untuk belajar bahasa asing:

1. Menjadi Lebih Terhubung dengan Dunia Luar

Selain dapat berkomunikasi dengan masyarakat luar, memiliki kemampuan berbahasa asing juga membuat kita menjadi lebih dekat dan menyatu dengan komunitas masyarakat di sana. Selain keramahtamahan, memiliki kemampuan berbahasa asing juga membuat kita lebih diterima di lingkungan mereka.

2. Melihat Dunia dari Sudut Pandang Lain

Tidak cukup hanya melihat satu sudut pandang saja untuk menilai suatu hal. Mengerti banyak sudut pandang dari berbagai sumber membuat kita lebih bisa menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, kita memiliki kesempatan untuk mengerti dan memahami suatu hal dari sudut pandang masyarakat luar.

3. Melebarkan Relasi dengan Pergaulan Internasional

Dengan majunya teknologi, jarak bukanlah halangan yang bisa membatasi kita untuk berteman dengan masyarakat luar. Banyak sekali platform di internet yang berdiri sebagai wadah untuk mencari teman dari negara lain. 

Secara tidak langsung, dengan bergaul dengan teman dari negara lain, kita dapat memperoleh banyak manfaat yang baik seperti melatih kemampuan bahasa Inggris, bertukar bahasa, melatih kepercayaan diri, bahkan kita juga akan mendapat tour guide gratis ketika suatu saat kita berkunjung ke negara mereka.

4. Mengasah Kemampuan Otak

Setiap bahasa memiliki struktur, aturan, dan berbagai kata yang berbeda-beda. Dengan belajar bahasa asing, kita dapat menjadi lebih fokus, teliti. Kemampuan ingatan, penyelesaian masalah, dan kemampuan mendengan yang baik juga akan kita dapatkan dari belajar bahasa asing.

5. Menciptakan Prospek Karir yang Lebih Maju

Kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan untuk mendongkrak nilai kita dalam menggapai berbagai profesi. Selain skil spesifik yang dibutuhkan untuk bekerja, kemampuan berbahasa asing juga diperlukan terutama bagi kalian yang ingin bekerja di perusahaan multinasional. 

Selain itu, dengan memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, kesempatan untuk memperoleh beasiswa di luar negeri juga akan terbuka sangat lebar. Tentunya kesempatan belajar di luar negeri ini akan sangat amat berguna bagi masa depan kita kelak.

Selain kelima alasan di atas, masih ada banyak alasan dan manfaat yang tidak bisa saya tuliskan satu per satu. Akan ada banyak sekali pengalaman dan manfaat yang baik yang kalian dapatkan dengan mempelajari bahasa asing. Tapi bukan berarti dengan belajar bahasa asing, kita melupakan bahasa ibu kita sendiri. Kemampuan berbahasa asing yang baik ini, bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan kebudayaan kita ke dunia luar. Dengan begitu, mereka yang belum mengerti sama sekali dengan budaya kita, akan terbuka wawasannya. Begitu pula dengan kita, kita akan lebih mengerti dunia dari wajah dunia dari berbagai perspektif.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url