Peringkat Negara di Dunia yang Pintar Berbahasa Inggris

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan untuk menjembatani komunikasi antar manusia di bumi ini. Jadi, memiliki kemampuan bahasa Inggris merupakan suatu keharusan bagi setiap orang. Dikutip situs Babbel, dari populasi manusia di bumi yang sekitar 7,5 juta ini, sekitar 1,5 juta orang atau 20% orang memiliki kemampuan berbahasa Inggris, yang mana sekitar 360 juta di dalamnya merupakan penutur asli bahasa Inggris. Mayoritas dari penutur bahasa Inggris menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa ketiga mereka di samping bahasa asli mereka. 

Bahasa Inggris (Sumber: edusoftlearning.com)

Lalu negara mana saja yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik?

EF atau Education First selaku perusahaan pendidikan bahasa Inggris internasional telah merilis data mengenai urutan negara berdasarkan kemampuan berbahasa Inggris. Mereka berhasil mengumpulkan sampel dari lebih dari 2,200,000 orang yang telah mengambil EF Standard English Test (EF SET). Adapun sampel tersebut memiliki median peserta di usia 26 tahun.

EF sendiri membagi pemeringkatan negara menjadi lima kategori, yakni very high, high, moderate, low, dan very low. Di kategori very high sendiri hanya terdapat 12 negara, yang mana merupakan kategori paling sedikit dibandingkan dengan keempat kategori lainnya. Sementara, kategori yang memiliki isi paling banyak adalah low dengan 29 negara.

Negara mana yang memiliki kemampuan bahasa Inggris paling baik?

Dari hasil laporan EF, mereka menyimpulkan bahwa Belanda merupakan negara dengan kemampuan bahasa Inggris paling baik di tahun 2020 ini. Tidak heran juga sebenarnya, karena seperti yang kita tahu, mayoritas dari penduduk Belanda memang memiliki pengetahuan berbahasa Inggris yang baik, sehingga mudah bagi para pendatang untuk melakukan kegiatan sosial bersama orang Belanda dengan menggunakan bahasa Inggris. Bahkan banyak sekali universitas di Belanda saat ini yang menyediakan program studi yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa lihat daftar peringkat negara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik menurut EF:

Peringkat Negara dengan Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik (Sumber: ef.edu)



Dari data di atas, bisa kita lihat bahwa negara-negara di Eropa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan dengan negara-negara dari benua lain. Uniknya, salah satu negara tetangga kita, Singapura, berhasil menduduki peringkat 10 besar. Hal itu dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa yang cukup sering digunakan di sana terutama dalam kegiatan berbisnis. Begitu juga dengan Filipina. Tapi memang nyatanya kemampuan berbahasa Inggris mereka juga cukup baik.

Negara Indonesia sendiri menduduki peringkat 74 bersama Maroko dan Bahrain. Sangat disayangkan, padahal menurut data dari tahun-tahun sebelumnya, Indonesia memiliki berada pada peringkat yang lebih baik.

Tren Peringkat Indonesia Dibandingkan Tahun-Tahun Sebelumnya (Sumber: ef.edu)

Kemampuan berbahasa Inggris ini sejatinya sangat kita perlukan. Baik itu untuk memperluas wawasan, memperlebar jaringan, dan lain sebagainya. Bahkan, dengan mayoritas masyarakat yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, saya yakin hal itu akan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan luar untuk berkunjung ke Indonesia, mengingat Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata yang tersembunyi. Jika potensi tersebut didukung dengan kemampuan bahasa Inggris masyarakat yang baik, tentunya akan semakin banyak mengenal Indonesia.


Referensi:

Babbel

EF


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url