Menggapai Puncak B9 Gunung Butak

Mungkin banyak orang mengira ini adalah gunung Butak yang ada di Batu, Jawa Timur. Gunung Butak yang ini adalah gunung Butak yang terletak di area pegunungan Anjasmoro, tepatnya di daerah Gondang, Mojokerto. Gunung Butak memiliki puncak bernama B9 yang memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl. Gunung Butak ini sangat cocok bagi para pendaki pemula karena medan pendakiannya yang tidak terlalu ekstrim dan durasi pendakiannya tidak memakan waktu banyak. Mungkin sekitar 1-2 jam perjalanan untuk dapat mencapai puncak B9 dari gunung Butak ini. Gunung Butak ini lokasinya cukup dekat dengan Watu Jengger yang cukup terkenal namanya di dunia perpendakian di Jawa Timur.


Lokasi pendakian gunung Butak ini berada di dusun Blentreng, Desa Ngembat, kecamatan Gondang, Mojokerto. Untuk dapat mendaki gunung Butak, pendaki akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang dan Rp5.000 untuk biaya penitipan atau parkir per motor. Motor dapat dititipkan di salah satu rumah warga yang menyediakan area penitipan kendaraan untuk para pendaki.

Baca Juga: Perjalanan Menuju Candi Selokelir Melalui Jalur Pendakian Kedungudi

Dari lokasi penitipan motor, kita harus berjalan sedikit menanjak menuju ke pintu gerbang wisata alam Blentreng. Setelahnya, ikuti saja jalan menurun melewati kebun-kebun dan ada pula kandang hewan ternak milik warga. Kalian juga akan melewati aliran sungai kecil. Hati-hati ketika berjalan melewati aliran sungai kecil ini, karena tanah disekitarnya yang akan kalian lalui tentunya akan sangat licin. Nantinya, setelah melewati aliran sungai kecil itu, kalian akan menemukan sebuah tempat semacam warung milik warga. Dari warung ini, perjalanan kalian akan mulai menanjak naik, jadi mulai persiapkan kekuatan kalian hehe.

Pintu gerbang wisata alam Blentreng

Kandang sapi setelah pintu gerbang wisata alam Blentreng

Jalan yang akan dilewati cukup jelas. Dengan menyusuri jalan setapak, kalian akan dipandu dengan banyaknya petunjuk-petunjuk arah yang akan membantu kalian dalam mencapai puncak B9 gunung Butak. Mengingat ini juga masih daerah perkebunan dan juga ada jalur wisata lain, kalian akan menemui beberapa percabangan jalan. Namun, sekali lagi jangan khawatir karena di setiap percabangan jalan tersebut terdapat petunjuk yang jelas yang akan mengarahkan kalian ke puncak B9 gunung Butak ini.

Ikuti arah petunjuk yang menuju ke puncak B9 gunung Butak


Sebelum dapat mencapai puncak B9 gunung Butak, kalian akan melewati punggungan bukit yang cukup landai dan terdapat semacam area datar yang cukup luas yang bisa kalian gunakan untuk camping juga. Di area ini juga terdapat gubuk atau pos kecil yang tersusun dari bambu yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat sejanak. Kalian akan melihat beberapa batuan juga di sekitar pos kecil tersebut. Mungkin karena dekat dengan area camping, beberapa batuan tersebut sayangnya ada yang ditulisi oleh para pendaki.

:(

Perjalanan selanjutnya yang harus kalian lalui, ialah menanjak beberapa kali untuk dapat menggapai puncak B9 gunung Butak ini. Bendera sudah mulai terlihat dari tanjakan pertama. Ikuti saja jalan setapak yang mengarahkan kalian menuju puncak B9 yang kalian nanti. 

Bendera di puncak B9 gunung Butak sudah terlihat!

Setelah perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 1-2 jam ini, tibalah kalian di puncak B9 gunung Butak ini. Dari puncak ini, jika kalian beruntung, kalian akan disajikan pemandangan pegunungan Anjasmoro, gunung Penanggungan, gunung Welirang, dan pemandangan pedesaan di sisi utara. Karena area puncak yang terbuka, sehingga kalau kalian datang pada waktu siang hari, kalian akan merasakan cuaca panas yang cukup menyengat kulit kalian haha. 

Pemandangan dari puncak menghadap ke pegunungan Anjasmoro

Terlihat gunung Welirang yang mengeluarkan asap belerangnya

Bendera merah putih berkibar di puncak B9 gunung Butak

Foto gunung Welirang ketika diperbesar

Terlihat pula samar-samar gunung Penanggungan


Potret capung yang terbang di area puncak B9 gunung Butak


Pemandangan sisi utara dari puncak B9 gunung Butak


Plakat puncak B9 gunung Butak 800 mdpl

Pendakian menuju puncak B9 gunung Butak ini cukup cocok untuk dilakukan oleh para pendaki pemula. Kalian bisa mengajak teman ataupun keluarga kalian ke sini. Dengan pemandangan yang keren seperti ini, kalian tidak akan menyesal. Namun jangan terlalu meremehkan, persiapkan segala sesuatu untuk mendaki. Meski terbilang cocok untuk para pendaki pemula, gunung Butak ini memiliki trek tanjakan dan turunan yang cukup susah untuk dilewati. Jadi tetap berhati-hati. 

Baca juga: Gunung Lorokan: Wisata Pendakian Baru di Mojokerto yang Cocok Bagi Pemula

Mungkin ini informasi pendakian dan foto-foto pendakian yang saya lakukan pada tahun 2020 lalu. Semoga bisa memberikan gambaran pendakian menuju puncak B9 gunung Butak kepada kalian.



Next Post Previous Post
4 Comments
  • Adi Irwansyah
    Adi Irwansyah 22 Februari 2021 pukul 04.46

    Sangat bermanfaat sekali infonya..
    Terimakasih

    • Adrin
      Adrin 3 Maret 2021 pukul 10.30

      Terima kasih

  • Yosep
    Yosep 26 Februari 2021 pukul 14.03

    Josss, makasih referensi jalur pendakiannya min 😁

    • Adrin
      Adrin 3 Maret 2021 pukul 10.31

      Terima kasih juga Yosep, boleh dicoba tuh nanjak ke sana hehe

Add Comment
comment url