Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WA

Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WA - Jika Anda bertanya apakah WhatsApp boros kuota? Tentu saja jawabannya bisa ya dan tidak. Hal ini disebabkan karena boros tidaknya penggunaan kuota ditentukan oleh pemakaian masing-masing. Jika Anda merasa menggunakan WhatsApp dan pemakaian internet Anda cenderung boros. Jangan khawatir, karena pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara menghemat kuota saat menggunakan WA agar tidak boros.

Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WA
Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WA

Jadi, jika Anda bertanya berapa kuota untuk WhatsApp maka jawabannya tidak selalu sama pada masing-masing pengguna. Ada yang hanya menghabiskan beberapa megabyte saja, atau bahkan mencapai hitungan GB (giga byte) dalam satu hari. Pemakaian kuota yang boros dan menghabiskan banyak kuota biasanya terjadi ketika Anda mengunduh banyak file berukuran besar, menonton WA story berupa video, ataupun melakukan panggilan video. Dengan kegiatan semacam itu maka tak heran jika penggunaan data Anda membengkak.

Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WA

Apabila Anda hanya menggunakan WhatsApp untuk chatting saja, maka kuota yang dibutuhkan juga hanya sedikit. Terdapat banyak hal sebenarnya yang dapat memicu pemborosan kuota dalam menggunakan WhatsApp. Untuk itu, simak cara menghemat kuota di WhatsApp berikut ini:

1. Mematikan fitur auto download pada WhatsApp

Satu hal yang membuat Anda boros namun tidak Anda sadari adalah otomatisasi pengunduhan file pada chat WhatsApp Anda baik itu pada personal chat ataupun grup. Ketika seluruh file berukuran besar atau kecil diunduh secara otomatis dari pengirim pesan, maka hal tersebut bisa menyedot kuota internet Anda. Untuk itu, Anda harus mematikan fitur ini dengan cara:

1. Pilih Settings > klik ikon tiga titik vertikal pada pojok kanan atas > Storage and Data Usage > hilangkan semua centang

2. Klik OK, apabila berhasil akan muncul keterangan No Media pada ketiganya.

Ketika Anda mematikan fitur ini, maka Anda bisa secara manual mengunduh file dengan klik pada media yang hendak diunduh.

2. Mematikan Background Data WhatsApp

Kuota internet juga akan lebih boros ketika aplikasi WhatsApp terus berjalan di latar belakang walaupun Anda tidak sedang membuka WhatsApp. Agar tidak boros kuta, maka Anda bisa mematikan background data sehingga pesan WhatsApp tidak akan masuk ketika Anda tidak membuka aplikasi WA. Dengan kata lain, pesan WA hanya bisa berjalan ketika aplikasi dibuka.

Berikut merupakan caranya:

1. Buka menu Pengaturan pada ponsel;

2. Pilih opsi Aplikasi;

3. Scroll layar hingga menemukan aplikasi WhatsApp;

4. Setelah ketemu, klik menu WhatsApp dan klik opsi Data seluler;

5. Matikan opsi izinkan penggunaan data latar belakang.

3. Batasi Backup Chat

Proses back-up pesan pada WhatsApp ini juga menjadi sebab penggunaan kuota WhatsApp Anda memboros. Pencadangan pesan dan media secara otomatis pada Google Drive memang meningkatkan konsumsi kuota internet  Anda.

Untuk itu, Anda dapat membatasi backup chat dan media pada WhatsApp ini terbatas pada waktu tertentu sehingga tidak melakukan pencadangan otomatis setiap saat. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuk pada settings di aplikasi WhatsApp;

2. Pilih Chat kemudian Chat backup;

3. Pilih menu Back up to Google Drive;

4. Pilih opsi Only When I tap BackUp untuk melakukan pencadangan ketika Anda menginginkan.

Nah, cara-cara di atas merupakan tips yang bisa Anda coba agar mengurangi konsumsi kuota WhatsApp harian Anda. Dengan langkah-langkah di atas Anda tidak akan boros kuota lagi karena penyebab boros kuota sudah diminimalisir.

Demikianlah, pembahasan mengenai tips dan cara menghemat kuota saat menggunakan WA agar tidak boros.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url