Cara Membuka Pola HP Android yang Terlupa

Cara Membuka Pola HP Android yang Terlupa - Demi kepentingan privasi dan keamanan, maka Anda sering memanfaatkan fitur penguncian layar baik berupa sidik jari, face ID, pola, password, atau pun sandi agar ponsel Anda tidak mudah dibuka oleh sembarang orang. Penguncian pola, menjadi salah satu jenis password yang paling sering menimbulkan masalah akibat pengguna lupa pola HP sehingga layar HP menjadi terkunci. Jika mengalami hal tersebut, tenang saja! Kali ini akan dibahas mengenai cara membuka pola HP Android yang terlupa.

Cara Membuka Pola HP Android yang Terlupa
Cara Membuka Pola HP Android yang Terlupa (Gambar: Gadget To Use)

Bagi Anda yang pelupa, memang tidak disarankan menggunakan penguncian layar yang rumit seperti pola, password, ataupun sandi. Hal ini disebabkan karena ketika Anda lupa, maka layar ponsel Anda akan terkunci. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami lupa pola HP Anda, maka Anda dapat memanfaatkan tutorial dan cara membuka pola HP yang lupa berikut ini.

Cara Membuka Pola HP Android yang Terlupa dan Terkunci

HP yang terkunci biasanya disebabkan karena pengguna yang lupa pola, HP sudah tidak lama dipakai, ataupun memang sengaja ingin hack dan membuka HP milik Anda. Jika sudah demikian, ada perlu mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Yuk simak penjelasannya!

1. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Jika Anda lupa pola HP Anda, maka Anda bisa menggunakan cara membuka pola hp yang lupa tanpa menghapus data dengan menggunakan fitur Forgot Pattern. Fitur ini bisa Anda akses ketika Anda sudah salah beberapa kali dalam memasukkan pola. 

Hal yang paling penting ialah Anda sudah memiliki akun Gmail yang terdaftar dan memiliki sambungan internet yang baik. Cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Forgot Pattern setelah gagal membuka kunci;

2. Sign in pada akun Gmail yang sudah terdaftar pada android Anda;

3. Akan muncul halaman penggantian password, pola, ataupun pin yang Anda miliki. Apabila Anda sudah menggantinya, maka Anda akan dibawa pada tampilan halaman awal penguncian;

4. Anda dapat memasukkan password, pola, maupun pin yang baru saja Anda buat sehingga ponsel tidak lagi terkunci.

2. Masuk ke Safe Mode Android

Anda juga bisa mencoba cara lain yaitu cara membuka pola HP Vivo tanpa reset dengan masuk safe mode yang ada di android. Fitur ini bisa Anda gunakan ketika penguncian smartphone berasal dari aplikasi pihak ketiga yang bukan bawaan HP sehingga Anda menggunakan safe mode untuk menonaktifkannya.

Cara membuka pola dengan fitur ini cukup mudah yakni sebagai berikut:

1. Tekan tombol power beberapa saat, klik Restart dan Power Off;

2. Klik dan tahan opsi Power Off hingga keluar Reboot to Safe Mode;

3. Pilih OK agar dapat melanjutkan proses;

4. HP Android Anda akan melakukan restart kemudian beralih pada safe mode;

5. Pada mode ini, Anda dapat melakukan uninstall aplikasi lockscreen pihak ketika dan kembali pada mode normal dengan klik restart.

3. Menggunakan Find My Device

Anda juga bisa mengakses website Find My Device dengan laptop atau komputer Anda. Cara ini sangat simpel dan tidak perlu menghapus data penting pada ponsel Anda. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Buka website Find My Device, kemudian login dengan akun Gmail yang sudah terdaftar;

2. Akan muncul 3 opsi yaitu Play Sound, Secure Device dan Erase Device. Klik opsi Secure Device;

3. Gantilah password baru Anda pada laman tersebut;

4. Setelah selesai, HP Android Anda akan tetap terkunci namun Anda bisa membukanya dengan password baru yang telah Anda buat pada website tersebut.

Nah, itulah 3 cara yang bisa Anda coba untuk membuka pola HP terkunci tanpa menghapus atau mereset data pada ponsel Anda. Sampai sini saja bahasan mengenai cara membuka pola HP Android yang terlupa. Semoga berhasil!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url