Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi

Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi - DM atau Direct Message merupakan salah satu fitur andalan di Instagram di mana kita bisa bertukar pesan langsung dengan pengguna Instagram yang lain. Melalui Instagram Direct Message (DM) ini, selain bertukar pesan teks, kita juga dapat saling mengirim gambar, video, stiker, hingga gambar GIF yang membuat percakapan melalui DM Instagram ini semakin interaktif dan seru.

Pada awal tahun 2022 ini Instagram menciptakan fitur baru untuk DM Instagram yang diberi nama fitur @silent. Fitur @silent adalah fitur terbaru yang bisa membuat kita mengirim pesan langsung atau DM ke pengguna Instagram lain tanpa memunculkan notifikasi di perangkat pengguna Instagram yang kita kirimi pesan langsung ini. Singkatnya, kita mengirim DM Instagram ke pengguna lain, tetapi notifikasi pesan kita tidak muncul di perangkat yang mereka gunakan. Namun, penerima pesan tetap dapat membuka dan melihat pesan kita melalui menu DM di aplikasi Instagram.

Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi
Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi

Mungkin fitur @silent ini terkesan tidak berati, tapi jangan salah, fitur @silent ini bisa kita gunakan untuk mengirim pesan yang sifatnya tidak mendesak di mana biasanya kita tidak ingin mengganggu kesibukan dari sang penerima pesan sehingga sang penerima tidak akan merasa terganggu dengan adanya notifikasi pesan dari kita.

Di artikel ini kita akan membahas Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi menggunakan fitur @silent ini.

Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi

Menggunakan Fitur @silent

Penggunaan fitur @silent ini sebenarnya sangat mudah, simak tutorialnya di bawah ini,

1. Buka akun Instagram yang ingin kalian kirimi pesan

2. Mulai kirim DM Instagram ke akun Instagram tersebut

Notifikasi @silent Instagram
Notifikasi Silent di bagian atas

3. Di dalam pesan tersebut, tambahkan teks @silent untuk membuat DM kalian terkirim tanpa notifikasi di perangkat penerima. Saat kalian mengetik @silent, di bagian atas layar kalian akan muncul notifikasi tentang fitur @silent ini.

Contoh DM:

@silent Halo bro! Apa kabar?
Contoh DM IG @silent
Contoh DM Instagram menggunakan @silent

4. Terakhir, klik tombol kirim untuk mengirim pesan tersebut.

DM Instagram terkirim

Pesan langsung Instagram kalian akan terkirim ke perangkat penerima pesan tanpa memunculkan notifikasi.

Kelemahan fitur @silent

Menurut saya, sejauh saya mencoba fitur @silent ini, terdapat beberapa kelemahan, diantaranya,

1. Hanya bisa dilakukan melalui Aplikasi Instagram

Fitur @silent ini hanya bisa dilakukan di aplikasi Instagram baik itu di Android atau iOS. Saya telah mencoba fitur ini melalui Instagram web di PC, tetapi tidak bisa. Pesan langsung yang saya kirim melalui Instagram web tetap memunculkan notifikasi di perangkat penerima meskipun telah saya tambahkan @silent.

2. Tidak bisa digunakan untuk membalas IG Story

Sayangnya fitur ini tidak berfungsi ketika kita mengirim DM melalui fitur balas melalui IG Story.

3. Hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan langsung berupa teks

Fitur @silent ini belum bisa digunakan untuk mengirim gambar atau video melalui DM tanpa notifikasi.

4. Chat yang kita kirim rawan tenggelam dan tidak terbaca

Dibalik manfaat dari fitur @silent ini, terdapat kemungkinan atau risiko di mana DM Instagram kita akan rawan tenggelam dan tidak terbaca di akun penerima pesan kita karena memang fitur ini didesain untuk tidak memunculkan notifikasi.

Beberapa kelemahan di atas merupakan pandangan subjektif saya tentang apa yang telah saya coba dan rasakan dalam menggunakan fitur @silent ini. Dikarenakan fitur @silent Instagram ini masih sangat baru, Instagram tentunya akan terus menyempurnakan fitur yang satu ini agar bisa bermanfaat bagi para penggunanya. Kalau kalian memiliki pendapat atau pengalaman berkenaan dengan fitur @silent dari Instagram ini, jangan ragu untuk menuliskannya melalui kolom komentar di bawah ya!

Itu tadi artikel singkat mengenai Cara Kirim DM Instagram tanpa Notifikasi melalui fitur @silent dari Instagram. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url