Apa itu Facebook Live Audio Rooms?

Apa itu Facebook Live Audio Rooms? - Saya yakin sekali, kalian sudah mengenal apa itu Facebook. Facebook sendiri adalah salah satu sosial media terbesar yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia. Perusahaan yang sekarang berganti nama menjadi Meta Platforms, Inc, . (dulunya Facebook, Inc.) ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 tepatnya pada bulan Februari di Amerika Serikat. Facebook sendiri memiliki kantor pusat yang berlokasi di Menlo Park, California. Sosial media yang diciptakan oleh sekumpulan mahasiswa yang bernama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Mosovitz, dan Chris Hughes ini awalnya hanya digunakan di kalangan mahasiswa kampus Harvard saja, lalu melebar ke beberapa kampus lain di Amerika Serikat, hingga sekarang menjadi sosial media yang digunakan oleh pengguna dari seluruh dunia. Saat ini, Facebook juga memegang Instagram dan Whatsapp.

Beberapa inovasi telah diciptakan oleh Facebook untuk menjadikannya sebagai raksasa sosial media dunia seperti fitur grup yang bisa kita gunakan untuk bertukar informasi, Facebook stream atau fitur live streaming yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan videonya secara langsung begitu juga dengan Creator Studio FB, fitur terjemahan untuk postingan dan komentar yang membantu penggunanya untuk mengerti isi tulisan tersebut terlepas dari bahasa apa yang digunakan, serta banyak inovasi-inovasi lainnya yang semakin membuat para penggunanya betah menjelajah di sosial media yang satu ini.

Apa itu Facebook Live Audio Rooms?
Apa itu Facebook Live Audio Rooms?

Salah satu inovasi terbaru Facebook yang akan kita bahas kali ini adalah Facebook Live Audio Rooms. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa itu Facebook Live Audio Rooms, manfaatnya, serta bagaimana cara menggunakannya, simak artikel ini sampai habis ya.

Apa itu Facebook Live Audio Rooms?

Facebook Live Audio Rooms

Sederhananya, Facebook Live Audio Rooms adalah fitur dari Facebook yang memungkinkan kita untuk membuat ruang untuk mengobrol dengan banyak orang sekaligus. Menggunakan Live Audio Rooms di Facebook, kita dapat mendengarkan hingga bergabung ke dalam percakapan dengan orang-orang yang kita inginkan. Maksimal peserta dalam Live Audio Rooms ini adalah 50 orang, dan tidak ada batasan untuk jumlah pendengar Live Audio Rooms.

Manfaat Facebook Live Audio Rooms

Facebook Live Audio Rooms tentunya memiliki banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan seperti untuk grup, anggota grup dapat berkomunikasi dan sharing mengenai banyak hal, lalu untuk halaman atau public figures, mereka dapat menggunakan fitur ini untuk berinteraksi lebih dekat dengan para pengikutnya, membahas banyak hal, dan sebagainya. Di sisi lain, Facebook Live Audio Rooms ini juga bisa digunakan untuk membantu promosi penggalangan dana dari organisasi non-profit atau kelompok penggalang dana lainnya. Jadi, sembari mendengarkan, pendengar juga diajak untuk bersama-sama membantu atau berdonasi di suatu kegiatan.

Donasi di Facebook Live Audio Room (Gambar: fb.com)

Cara Menggunakan Facebook Live Audio Rooms

Untuk saat ini, hanya beberapa pengguna iOS dan Android di Amerika Serikat yang dapat menggunakan fitur ini. Namun jangan khawatir, ke depannya, Facebook tentunya akan memperluas jangkauan dalam penggunaan fitur ini.

Bagi Pendengar

Untuk pendengar, kalian dapat menjelajah Live Audio Rooms dengan cara memilih audio siaran langsung FB yang tersedia di halaman beranda kalian, tepatnya di bagian atas feeds kalian. Kalian tinggal pilih Facebook Audio Rooms mana yang ingin kalian ikuti.

Fitur Live Audio Rooms Facebook (Gambar: fb.com)

Bagi Pembuat Room (Speaker/Pembicara)

Untuk membuat Live Audio Room, ada beberapa langkah yang bisa kalian ikuti,

1. Buat Live Audio Room melalui:
  • Tombol Live di halaman Facebook atau page kalian, atau
  • Klik tombol Create Room di halaman beranda Facebook kalian di bagian atas feeds kalian.
2. Pilih Audio dan klik Next

3. Pilih Audience kalian

4. Beri nama Live Audio Room kalian

5. Atur waktu penayangan Live Audio Room kalian. Kalian bisa memilih untuk menjadwalkan penayangan atau mau menayangkan secara langsung pada saat itu juga

6. Undang pembicara atau speaker ke Live Audio Room kalian

7. (Opsional) Kalian juga bisa mengatur fitur monetisasi yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan keuntungan maupun mempromosikan kegiatan donasi ketika kalian live nanti

8. Mulailah Live Audio Room kalian.

Keterbatasan Facebook Live Audio Rooms

Untuk saat ini, Facebook Live Audio Rooms hanya bisa dijalankan oleh pengguna atau halaman yang terverifikasi di iOS atau Android. Untuk pendengar, hanya bisa mengakses fitur ini melalui iOS dan Android saja.

Penutup

Fitur terbaru dari Facebook ini sangat berpotensi di masa depan. Hanya saja, untuk saat ini, fitur ini masih sangat terbatas. Bukan tidak mungkin di masa mendatang, fitur ini akan bisa digunakan oleh semua orang. Sekadar info, selain Live Audio Rooms, Facebook juga meluncurkan layanan Podcast yang juga bisa kalian gunakan untuk mendengarkan informasi maupun hal-hal lain di Facebook.

Facebook Podcast
Facebook Podcast (Gambar: fb.com)

Sekian artikel mengenai Apa itu Facebook Live Audio Rooms? Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url