Cara Verify Integrity Game di Steam

Cara Verify Integrity Game di Steam - Siapa yang tidak kenal Steam? Saya yakin hampir seluruh gamers di seluruh dunia pasti tahu apa itu Steam. Steam merupakan semacam wadah atau layanan distribusi game digital yang dimiliki oleh Valve. Di dalam Steam, kalian akan menemukan berbagai games serta software dari seluruh publishers di seluruh dunia. Dahulu, kita harus membeli game secara fisik dengan CD atau DVD. Namun, di Steam kita bisa membeli games atau softwares dengan mudah dan tanpa harus membeli fisik dari game tersebut. Tentunya hal ini sangat efisien dan menguntungkan karena dengan menggunakan CD atau DVD terdapat beberapa resiko kerusakan CD atau DVD yang menyebabkan tidak bisa dimainkannya suatu game, serta saat kita hendak menginstall game tersebut di PC lain, kita harus membawa CD tersebut. Bandingkan dengan menggunakan Steam, kalian hanya perlu akun Steam kalian dan kalian sudah bisa menginstall serta memainkan game tersebut di berbagai perangkat yang berbeda. Kalian hanya perlu mengunduh file game digitalnya. Sangat efisien kan! Bagi para gamers di Indonesia, kalian tidak perlu risau, karena sekarang kalian bisa membeli games di Steam secara legal dengan menggunakan Dana, kalian tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Cara Verify Integrity Game di Steam
Cara Verify Integrity Game di Steam (Gambar: IDN Times)

Bagi kalian yang penasaran dengan games apa saja yang ada di Steam, kalian bisa langsung melihatnya di software atau situs resmi dari Steam. Beberapa games besar yang mungkin kalian tahu adalah Dota 2, Counter Strike Global Offensive, Rocket League, dan masih banyak lainnya. Kalian tahu game DreadOut? Game hasil karya publisher lokal yang pernah dimainkan oleh PewDiePie ini juga dijual lho di Steam! Selain itu, publisher-publisher raksasa lain di dunia seperti EA, Konami dan Ubisoft juga menjual beberapa games mereka di platform Steam ini.

Kerennya game-game yang ditawarkan di aplikasi Steam ini, bukan berarti mereka tidak memiliki masalah. Dalam prakteknya, seringkali para gamers menemukan permasalahan ketika menggunakan Steam maupun game-game yang dibeli dari Steam. Oleh karenanya, Steam juga memfasilitasi para gamers dengan menghadirkan forum untuk berbagi sesuatu termasuk berbagi tutorial dan pengalaman dalam menggunakan Steam atau suatu game. Salah satu masalah yang sering muncul bagi pengguna Steam adalah kurangnya file yang ada di suatu folder games atau biasa kita bilang file games yang corrupt. Corruptnya files ini bisa menyebabkan suatu game tidak dapat dibuka atau dimainkan sama sekali. Salah satu cara dalam menangani masalah ini adalah dengan melakukan verifikasi file game Steam. Fitur verifikasi game Steam ini akan membantu kalian memeriksa atau mengecek apakah ada files dalam game yang kurang atau corrupt. Di artikel ini, kita akan membahas tutorial bagaimana cara melakukan verifikasi file Steam dengan mudah.

Cara Verify Integrity Game di Steam

Buka Steam dan Masuk ke Library Game Kalian

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk melakukan verifikasi file game Steam adalah login ke aplikasi Steam kalian dan masuk ke library game kalian.

Masuk ke Library Game Steam Kalian

Pilih Game dan Verifikasi Game Tersebut

Selanjutnya adalah pilih game yang ingin kalian lakukan verifikasi file game Steam nya. Klik kanan pada game tersebut, klik Properties, pilih Local Files, lalu klik "Verify integrity of game files...". Kemudian Steam akan secara otomatis melakukan verifikasi game Steam yang kalian pilih. Proses ini biasanya akan memakan waktu beberapa menit bahkan lebih. Jika sudah, verifikasi akan hilang dan kalian bisa coba apakah gamenya sudah bisa dimainkan secara normal lagi atau tidak.

Klik kanan pada game lalu klik Properties

Pilih Local Files, lalu klik Verify integrity of game files...

Perlu diketahui juga, pastikan bahwa tempat penyimpanan game Steam ini sama seperti pada saat pertama kali kalian menginstallnya agar Steam bisa dengan mudah dan maksimal melakukan verifikasi file game Steam tersebut.

Sekian artikel singkat mengenai cara verify integrity game di Steam. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url