Cara Menerjemahkan Subtitle Video di Youtube Secara Otomatis

Halo teman, kembali lagi bertemu saya hehe. Setelah kemarin kita bersama-sama mendaki Gunung Bekel dan Candi Kendalisada, sekarang saya akan membagikan cara bagaimana menerjemahkan subtitle video di Youtube secara otomatis. Kita tahu sendiri, sangat banyak sekali konten video di Youtube yang banyak berasal dari negara luar. Begitu banyak video tutorial, hiburan, musik, dan lain-lain yang tidak menggunakan bahasa Indonesia. Mungkin kalau video dari negara luar tersebut menggunakan bahasa Inggris, masih banyak orang yang mengerti dan paham karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang perlu untuk dipelajari oleh orang-orang di seluruh dunia. Lha, kalau video tersebut menggunakan bahasa asli negara mereka sendiri seperti bahasa Rusia, Spanyol, Thailand, dan lain sebagainya bagaimana? Hehe.

Logo Youtube (Sumber: Youtube.com)

Berkaca dari pengalaman saya sendiri juga sih. Saya cukup menggemari video-video meme atau hiburan dari banyak negara. Namun karena keterbatasan bahasa, saya hanya bisa menikmati visual yang disajikan dari video saja. Sangat disayangkan bukan?

Baca juga: Cara Menonton Netflix dengan Dua Subtitle Bahasa yang Berbeda

Oke, langsung saja, begini tutorialnya teman-teman. Sederhana saja hehe,

Cara Menerjemahkan Subtitle Video di Youtube Secara Otomatis

1. Buka Youtube dan Cari Video yang Ingin Kalian Tonton dan Terjemahkan

Buka Youtube dan video yang ingin kalian tonton dan terjemahkan

Pertama tentunya buka Youtube, terserah bisa lewat aplikasi di Android atau lewat browser di PC kalian. Lalu kalian cari video mana yang ingin kalian tonton dan terjemahkan.

2. Buka video dan terjemahkan video

Contoh video yang ingin saya terjemahkan

Setelah kalian buka video tersebut, klik ikon settings di area kanan bawah video, lalu pilih Subtitles/CC. Setelah itu pilih salah satu subtitle bahasa yang tersedia. Contohnya di sini, subtitle yang tersedia hanya bahasa Spanyol.

Klik ikon settings seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah kuning di atas

Pilih Subtitles/CC

Klik pada salah satu subtitle yang tersedia

Setelah memilih salah satu subtitle yang ada, langkah selanjutnya adalah kembali ke menu pengaturan Subtitles/CC. Namun, sekarang kalian akan melihat menu baru bertuliskan Auto-translate. Kalian klik pilihan Auto-translate dan pilih bahasa apapun sesuka kalian, misalnya Indonesia. 

Kembali ke menu Subtitles/CC, kalian akan menemukan menu Auto-translate

Pilih bahasa yang ingin kalian gunakan. Contohnya bahasa Indonesia

3. Nikmati subtitle video Youtube yang telah diterjemahkan

Sekarang mainkan videonya dan lihat, subtitlenya sudah berganti ke bahasa yang kalian inginkan!

Sekarang subtitle video telah berganti ke bahasa Indonesia

Jika kalian masih bingung, untuk lebih jelasnya, kalian bisa tonton video di bawah ini,

Sekian tutorial cara menerjemahkan subtitle video di Youtube secara otomatis dari saya teman-teman. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url