Istilah-Istilah di Duolingo

Mungkin bagi kalian para pecinta bahasa atau yang sedang belajar bahasa asing sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang namanya Duolingo ini. Bagi kalian yang belum tahu, Duolingo ini ialah sebuah platform yang memungkinkan kita untuk mempelajari berbagai bahasa asing dengan cara yang interaktif dan tentunya tidak membosankan. Jadi, aplikasi Duolingo ini sangat cocok sekali bagi para pemula yang ingin menekuni atau mempelajari suatu bahasa asing tertentu. Pilihan bahasa yang tersedia untuk kita pelajari pun sangat beragam sekali.

Khusus untuk kalian yang baru saja mencoba aplikasi Duolingo ini, mungkin kalian masih asing dengan beberapa kata atau istilah-istilah yang ditampilkan seperti Lingot, course, tree, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa istilah-istilah yang akan sering kalian jumpai kala belajar di aplikasi Duolingo. 

Baca juga: Cara Mengetahui Level dan Exp di Duolingo

Saya telah mengumpulkan beberapa istilah-istilah yang cukup sering ditemui di aplikasi Duolingo ini, saya akan mencoba menguraikannya secara singkat dalam bahasa Indonesia sehingga kalian dapat lebih mudah memahami istilah-istilah yang dimaksud.

Istilah-Istilah di Duolingo:

1. Course (Kursus)

Course di Duolingo ini merupakan keseluruhan materi yang kalian pelajari dalam suatu bahasa. Sederhananya jika kalian belajar bahasa Inggris, maka kalian mengambil English course di Duolingo.

2. Tree (Pohon)

Gambar: gregreflects.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, yakni tree atau pohon. Pohon yang dimaksud di Duolingo ini adalah susunan hirarki progres bahasa yang sedang kalian pelajari. Pohon ini merupakan susunan skills bahasa hingga menuju ke Piala Burung Hantu atau yang biasa disebut dengan Golden Owl Trophy.

3. Skill (Skil)

Skill merupakan satu grup materi yang membahas suatu topik tertentu yang terdiri dari beberapa latihan di dalamnya.

4. Crowns (Mahkota)

Crown atau mahkota adalah sebuah penghargaan yang akan kalian dapatkan ketika kalian menyelesaikan latihan-latihan di dalam Skill. Terdapat 5 tingkatan mahkota yang akan kalian gapai.

5. Checkpoint

Checkpoint adalah titik di mana kalian telah menyelesaikan susunan skill. Terdapat beberapa checkpoint yang akan kalian temui sebelum mendapat trofi burung hantu Duo. Di checkpoint ini, kalian juga akan diuji tentang materi-materi yang sebelumnya kalian pelajari. Jika kalian lolos ujian, kalian dapat meneruskan perjuangan kalian ke materi selanjutnya.

6. Exercises (Latihan)

Exercise yang dimaksud di Duolingo ini adalah jenis latihan yang bisa kalian gunakan untuk belajar seperti listening, reading, speaking, dan writing exercises.

7. Streak

Streak adalah jumlah hari yang kalian gunakan secara berturut-turut di aplikasi Duolingo tanpa ada satu hari pun yang terlewati.

Mungkin itu saja beberapa istilah penting yang akan sering kalian jumpai di aplikasi Duolingo ini. Sebenarnya masih ada banyak sekali istilah lainnya di aplikasi Duolingo ini. Tapi saya yakin dengan semakin seringnya kalian menggunakan aplikasi Duolingo ini, semakin paham pula kalian dengan istilah-istilah di dalamnya hehehe. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika kalian masih bingung akan arti dari istilah-istilah lain, jangan ragu untuk bertanya ya. Terima kasih.

Referensi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url