Vocaroo: Perekam Suara Online yang Super Simpel

Vocaroo: Perekam Suara Online yang Super Simpel - Biasanya untuk merekam suara atau audio, kita menggunakan aplikasi bawaan dari HP kita. Aplikasi voice recorder yang ada di HP kita sangat memudahkan kita untuk merekam suara maupun audio yang kita inginkan. Voice recorder berguna seperti halnya untuk merekam wawancara, merekam suara secara diam-diam, merekam pesan suara untuk dikirimkan ke orang lain, hingga untuk membuat lagu. Ya, benar! Membuat lagu! Dengan aplikasi perekam suara, penulis lagu akan dengan mudah menyusun potongan-potongan nada yang mereka ciptakan hingga akhirnya terciptalah sebuah lagu yang indah. Bayangkan saja, jika tanpa adanya perekam suara, bukan tidak mungkin, sehari setelah menulis sebuah lagu, mereka akan secara tidak sengaja lupa bagaimana bunyi nada ataupun kunci dari lagu yang baru saja mereka ciptakan.

Vocaroo Perekam Suara Online yang Super Simpel
Vocaroo: Perekam Suara Online yang Super Simpel

Di saat tertentu, terkadang kita tidak menggunakan HP kita dan hanya menggunakan laptop atau komputer kita saja. Di saat yang bersamaan, kita ingin mengirimkan pesan suara ataupun rekaman lagu atau puisi yang kita nyanyikan atau kita lantunkan ke orang lain. Tapi sayangnya di komputer atau laptop, tidak ada aplikasi perekam suara layaknya aplikasi bawaan di HP kita. Biasanya kita harus mengunduh dan menginstall software perekam suara untuk dapat merekam suara melalui laptop atau komputer kita. Namun, ternyata ada cara mudah untuk merekam suara di laptop secara online tanpa harus ribet-ribet mengunduh dan memasang aplikasi perekam suara. Ada sebuah website sederhana bernama Vocaroo. Vocaroo merupakan website perekam suara yang sangat sederhana namun sangat berguna sekali. Di Vocaroo kita dapat merekam suara kita secara langsung ataupun juga kita dapat mengunggah hasil file rekaman suara kita untuk mendapatkan link yang dapat kita sebar atau kita kirim ke orang lain.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang penggunaan website Vocaroo yang dapat digunakan untuk rekam audio online melalui laptop dengan mudah. Untuk mengetahui bagaimana caranya, baca terus tutorial di bawah ini sampai selesai.

Cara Rekam Suara Online di Vocaroo

1. Buka Website Vocaroo

Langkah pertama untuk merekam suara online adalah dengan membuka website Vocaroo.

2. Rekam Suara atau Unggah File Audio

Rekam Suara

Untuk merekam suara kalian secara langsung, kalian klik tombol mikrofon berwarna merah. Lalu ijinkan akses mikrofon kalian dan mulailah merekam suara kalian. Kalian bisa melakukan jeda perekaman suara dengan cara klik tombol Pause lalu lanjutkan perekaman kembali. Jika sudah selesai melakukan perekaman, kalian bisa klik tombol kotak yang artinya selesai merekam.

Vocaroo Perekam Suara Online
Vocaroo Perekam Suara Online

Setelahnya, kalian bisa mendengarkan kembali hasil rekaman kalian apakah sudah sesuai dengan yang kalian harapkan atau tidak. Jika tidak, kalian bisa mengulang kembali merekam suara kalian dengan cara klik tombol ulangi perekaman berwarna merah. Jika sudah sesuai, kalian bisa klik tombol Simpan & Bagi. Lalu kalian akan mendapatkan link untuk membagikan rekaman suara yang telah kalian lakukan tadi. Kalian bisa membagikan rekaman suara ini ke orang-orang yang ingin kalian kirimi. Selain itu, kalian juga dapat mengunduh hasil rekaman audio kalian tadi dengan cara klik tombol Unduh.

Link Audio Vocaroo
Link Audio Vocaroo yang dapat kalian bagikan

Unggah File Audio

Di halaman utama website Vocaroo, kalian klik tombol kecil bertuliskan Unggah, lalu upload file audio kalian. Tunggu sebentar untuk proses pengunggahan, dan pada akhirnya kalian akan mendapatkan link yang juga dapat kalian bagikan ke orang lain untuk didengar.

Penutup

Itu tadi langkah mudah untuk rekam suara online di komputer atau laptop dengan menggunakan website Vocaroo. Vocaroo merupakan website yang sederhana namun sangat berguna besar. Selain merekam suara kita secara langsung, kita juga dapat melakukan upload file audio yang telah kita punya untuk nantinya bisa kita bagikan ke orang lain melalui link yang telah dibuat oleh Vocaroo.

Sayangnya untuk saat ini, Vocaroo hanyalah sebuah website perekam suara online saja, bukan website untuk edit rekaman suara online ataupun untuk memotong rekaman suara online yang telah kalian lakukan. Mungkin saja di masa mendatang Vocaroo akan lebih meningkatkan lagi fitur yang mereka punya sehingga kita tak hanya dapat merekam suara secara online saja, tapi juga bisa melakukan edit rekaman suara online yang telah kita rekam.

Terima kasih telah membaca artikel dan tutorial singkat tentang penggunaan Vocaroo ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url