Apa itu Google Web Stories? Penjelasan dan Manfaatnya

Apa itu Google Web Stories? Penjelasan dan Manfaatnya - Google, nama yang sudah pasti tidak asing untuk kalian dengar, jangankan bagi para pekerja yang harus duduk di depan komputer seharian, emak-emak pun, hingga para kakek dan nenek sekalipun saya yakin sudah pernah mendengar nama mesin pencari yang satu ini. Mesin pencari yang biasa kita sebut sebagai "Mbah Google" ini memang sangat wajar dapat dikenal di seluruh antero dunia. Bagaimana tidak, apa pun yang kita cari, Google lah tempat pertama yang kita datangi hehe.

Dengan nama besarnya, Google selalu melakukan inovasi untuk selalu menunjukkan eksistensinya serta memperluas kontribusinya di dalam dunia digital yang sangat maju ini. Berbagai layanan hebat telah dikeluarkan oleh Google untuk membantu manusia melaksanakan berbagai tugas dan aktivitas harian. Beberapa contoh layanan Google yang sering kita gunakan adalah Gmail, Google Drive, Youtube, Google Meet, Google Sites dan banyak lagi lainnya. Layanan-layanan ini memiliki fungsi yang beragam dalam membantu kerja atau aktivitas sehari-hari manusia. Sebut saja Gmail yang merupakan sarana bertukar pesan elektronik, Google Drive yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan file secara cloud atau online, ada juga Youtube yang menjadi tempat kita mencari referensi, ide, berita, bahkan hiburan sekalipun, dan juga banyak fungsi layanan Google lainnya yang tentunya tidak bisa saya sebutkan satu per satu di dalam artikel ini.

Salah satu layanan baru yang dikeluarkan Google adalah Google Web Stories. Layanan yang baru saja dirilis Google di akhir tahun 2021 ini tentu sangat layak sekali untuk kita bahas. Selain karena masih hangat dan baru, layanan Google yang satu ini juga memiliki potensi untuk menjadi besar kedepannya.

Apa itu Google Web Stories? Penjelasan dan Manfaatnya

Apa Itu Google Web Stories?

Google Web Stories adalah versi Story berbasis web yang merupakan perpaduan antara video, audio, gambar, animasi, serta teks yang memungkinkan kreator untuk mengekspresikan isi kontennya. Google Web Stories adalah layanan yang didukung oleh teknologi AMP. Singkatnya layanan Google yang satu ini sangat mirip dengan fitur Story di aplikasi Instagram yang digunakan untuk melakukan visualisasi konten suatu web untuk menarik minat para pembacanya. Untuk saat ini Google Web Stories hanya tersedia di 3 negara saja, yaitu Amerika Serikat, India, dan Brazil.

Apa itu Google Web Stories
Apa itu Google Web Stories (Gambar: Google Web Stories)

Cara Kerja Google Web Stories

Cara kerja dari Google Web Stories sangat sederhana dan sangat mirip dengan fitur Story di aplikasi Instagram di mana kita hanya perlu untuk mengetuk atau menggeser layar untuk berpindah dari stori konten web dari satu ke yang lain atau selanjutnya.

Google Web Stories
Google Web Stories (Gambar: Google Web Stories)

Google Web Stories mungkin saja akan tampil ketika kita melakukan suatu pencarian di pencarian Google atau di Google Discovery melalui aplikasi Google kalian.

Manfaat Google Web Stories

Menarik Minat Pembaca

Dengan konsep konten visual yang ringkas namun keren, pembaca akan tertarik untuk melihat dan bahkan berkunjung ke suatu website dari Google Stories tersebut. Di mana secara tidak langsung hal ini akan menambah traffic pengunjung dari suatu website.

Memberikan Warna Baru Bagi Website

Web Story ini hadir sebagai warna baru dalam bentuk yang berbeda dari konten dari website biasa. Google Web Stories ini dapat menjadi warna baru dalam ciri khas suatu website.

Sarana Baru untuk Berkembang

Selain sebagai media pendongkrak traffic kunjungan ke suatu website, fitur Google Web Stories ini juga bisa digunakan untuk memonetisasi iklan, serta melakukan promosi suatu produk, hingga menjadi sarana bagi website untuk menyebarkan link afiliasi yang tentunya sangat membantu pemilik website untuk mengembangkan websitenya. Bukan tak mungkin jika kedepannya Google Web Stories dapat berpotensi tumbuh sebagai sarana periklanan.

Cara Membuat Google Web Stories

Karena Google Web Stories berbasis AMP, untuk kalian yang memiliki kemampuan coding, kalian bisa membuat story menggunakan AMP framework. Namun, bagi kalian yang tidak memiliki kemampuan coding, terdapat beberapa tools yang bisa kalian gunakan untuk membuat konten Google Web Stories seperti plugin Web Stories bagi pengguna Wordpress, MakeStories, Newsroom AI, Unfold, serta beberapa tools lain yang bisa kalian lihat di situs resmi Google Web Stories.

Kalian dapat melihat contoh-contoh Google Web Stories di Showcase Google Web Stories.

Penutup

Hadirnya Google Web Stories ini dapat menjadi peluang terutama bagi para pemilik atau pengelola website untuk memberikan kesan baru bagi pembacanya serta menjadi media untuk memperbanyak traffic kunjungan website. Selain itu, bagi para pengiklan, layanan Google Web Stories ini juga bisa dimaksimalkan untuk mempromosikan suatu bisnis atau usaha. Google Web Stories dapat menjadi senjata baru untuk melakukan marketing secara online. 

Sekian artikel mengenai Apa itu Google Web Stories ini. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url