Cara Memasang Ads txt di Blogger

Cara Memasang Ads txt di Blogger – Adsense masih menjadi primadona bagi para blogger untuk menghasilkan uang melalui kegiatan blogging. Tak gampang memang untuk diterima di Adsense ini. Suatu blog harus melalui proses review dari pihak Google Adsense untuk dapat kemudian diterima menjadi sarana pengiklan. Jika blog anda sudah diterima oleh Adsense, biasanya yang pertama harus kalian lakukan adalah memasang ads.txt. Ads txt sendiri adalah sebuah file yang digunakan Adsense untuk menghindari adanya kecurangan dalam pengiklanan seperti inventaris yang tidak sah. File ads.txt ini membantu pengiklan agar tidak merasakan adanya kerugian.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
Cara Memasang Ads txt di Blogger - Logo Google Adsense (Gambar: Tribun)

Cara Memasang Ads txt di Blogger

Cara memasang ads.txt di Blogger cukup mudah sobat, kalian bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini:

Buka akun Google Adsense

Yang pertama perlu kalian lakukan adalah membuka akun Google Adsense kalian. Jika kalian belum memasang file ads txt di blog kalian, biasanya akan nada tampilan peringatan di bagian atas Google Adsense kalian yang menyarankan kalian untuk memasang file ads.txt di blog seperti gambar di bawah ini. Lalu, klik “Fix no.”.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
Peringatan Untuk Memasang File Ads txt di Adsense

Download File Ads.txt

Selanjutnya kalian akan dibawa ke suatu halaman yang berisi informasi website yang perlu dipasang file ads.txt. Klik tombol “DOWNLOAD” di bagian bawah informasi tersebut.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
Download File Ads txt

Copy Isi File Ads.txt

File ads.txt yang kalian download adalah berupa file .txt atau teks. Buka file tersebut menggunakan aplikasi Notepad, lalu copy seluruh teks yang ada.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
Copy Isi File Ads txt

Buka Blogger dan Paste Kode File Ads.txt

Langkah terakhir adalah buka Blogger kalian, masuk ke pengaturan, scroll ke bawah, di bagian Monetization, klik “Enable custom ads.txt” untuk mengaktifkan ads.txt, lalu klik “Custom ads.txt” dan paste-kan kode file Ads.txt yang sudah kalian copy tadi ke sini. Terakhir klik “Save”.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
Salin Kode File Ads txt ke Blogger

Selain menggunakan cara di atas kalian juga bisa langsung mengisi kode Ads txt di Blogger dengan menyalin kode di bawah ini,

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ubah Tulisan berwarna merah dengan ID Google Adsense kalian. Kalian bisa menemukan ID Google Adsense kalian di halaman Google Adsense, lalu lihat di bagian URL di atas, seperti di gambar ini.

Cara Memasang Ads txt di Blogger
ID Google Adsense

Sekarang kode ads.txt Adsense sudah terhubung dengan blog kalian. Mungkin diperlukan waktu sekitar 1x24 jam atau lebih untuk bisa terdeteksi oleh Google. Jadi, jika peringatan mengenai file Ads txt masih muncul di halaman Google Adsense kalian, biarkan saja, nanti juga hilang sendiri.

Untuk mengecek apakah file ads.txt sudah terpasang, kalian bisa mencoba mengakses link ini http://(Alamat Blog Kalian)/ads.txt. Oh ya, untuk cara memasang ads txt di Wordpress, kalian mungkin bisa membaca penjelasan dari Google Adsense di sini

Sekian artikel tutorial singkat mengenai cara memasang ads txt di Blogger. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url