English Score: Tes Bahasa Inggris Gratis di Android

Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan wajib di masa seperti sekarang ini. Mungkin kalian juga sudah paham mengapa bahasa asing yang satu ini sangat amat penting. Secara umum, Bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang menjembatani komunikasi antar bangsa dan negara. Namun, secara khusus ada juga beberapa manfaat belajar Bahasa Inggris yang bisa kalian baca di artikel saya yang satu ini, Perlukah Kita Belajar Bahasa Asing?

Selain berlatih dan terus berlatih, kita juga harus secara rutin mengevaluasi dan menilai kemampuan berbahasa Inggris kita. Terdapat beberapa jenis tes Bahasa Inggris terkenal yang memang diakui secara luas oleh banyak instansi pendidikan maupun perusahaan internasional seperti TOEFL dan IELTS. Namun, jujur saja, tidak murah memang untuk mengambil kedua tes tersebut. Kalian harus menyiapkan uang sekitar 3 juta Rupiah hanya untuk melakukan satu kali tes tersebut. Oleh karena itu, kalian harus betul-betul mempersiapkan kemampuan Bahasa Inggris kalian sebelum mengambil tes yang cukup mahal tersebut karena akan sangat sayang sekali jika kita tidak dapat mencapai target nilai yang kita inginkan, sedangkan sejumlah uang telah melayang. 

Di luar sana banyak instansi pendidikan seperti universitas ataupun lembaga kursus Bahasa Inggris yang menyediakan TOEFL maupun IELTS prediction test. Tes prediksi ini cenderung cukup murah dibandingkan dengan tes aslinya, meski begitu sistem tes, soal, penilaian, dan lain-lain disesuaikan dengan dengan tes aslinya, sehingga kita dapat berlatih menyesuaikan diri dengan tes aslinya nantinya. Saya pernah mengambil tes prediksi TOEFL di beberapa tempat seperti universitas saya dan di tempat kursus Bahasa Inggris. Sejauh yang saya ingat, untuk tes prediksi TOEFL sendiri, biaya yang saya keluarkan untuk setiap tesnya sekitar 100-150 ribu Rupiah.

Tes prediksi TOEFL dan IELTS memang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga tes aslinya. Namun, bagaimana kalau kita hanya iseng ingin mengukur kemampuan Bahasa Inggris kita yang kalau bisa tanpa mengeluarkan biaya apapun? Saya juga sebenarnya agak berat untuk mengeluarkan uang sekitar 100-150 ribu hanya untuk tes prediksi tersebut karena memang saya hanya seorang mahasiswa yang merantau di kota orang, uang segitu sudah sangat cukup bahkan untuk saya gunakan makan selama satu minggu hehe :D. Tapi memang saat itu saya mengambil tes prediksi TOEFL karena kebutuhan dari pihak kampus. 

Untuk menjawab pertanyaan dari paragraf sebelumnya. Saya kenalkan kalian kepada aplikasi bernama English Score. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store di Android. Aplikasi English Score ini merupakan aplikasi keluaran dari British Council. British Council sendiri merupakan salah satu organisasi dari Inggris yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan. Perlu kalian ketahui juga British Council merupakan pencetus dan yang menjalankan tes IELTS secara resmi bersama IDP dari Australia. Jadi sangat meyakinkan dan terpercaya sekali bukan teman-teman?

Logo English Score (Sumber: www.englishscore.com)

Untuk langkah tesnya sendiri juga cukup mudah teman-teman, pertama-tama kalian bisa mengunduh aplikasi English Score:Free British Council English Test di Google Play Store kalian atau kalian bisa klik di link ini. Setelah itu kalian registrasi akun, cek headset, webcam, dan mulai tes.

Teknis Tes

Ada 4 aspek penilaian yang diujikan, diantaranya adalah grammar, vocabulary, listening and reading skills. Kalian hanya diberi waktu maksimal 40 menit untuk menyelesaikan tes-tes tersebut. Selama tes, kalian diwajibkan untuk menyalakan webcam kalian ya. 

Contoh Soal (Sumber: www.socialpeta.com)

Penilaian

English Score akan memberikan nilai mulai dari 0 hingga 599. Selain itu, nilai yang kalian dapatkan juga bisa dibandingkan dengan nilai IELTS maupun level CEFR nantinya. Kalian bisa mengkonversi nilai English Score yang kalian dapatkan dengan CEFR ataupun IELTS menggunakan tabel di bawah ini.

Tabel Konversi Nilai English Score

Sertifikat

Setelah kalian menyelesaikan ujian Bahasa Inggris kalian dengan English Score, kalian akan mendapatkan nilai hasil ujian kalian berikut tawaran pembelian sertifikasi yang bisa kalian beli sebagai bukti sertifikasi nilai ujian. Kalau kalian tidak membutuhkan sertifikat kalian bisa klik untuk tidak ingin membeli sertifikat ini.

Sertifikat ini nantinya bisa kalian pasang di profil LinkeDin kalian. Sertifikat yang dikeluarkan oleh English Score ini juga diakui di beberapa perusahaan dan instansi internasional lho. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa lihat di link berikut ini.

Contoh Sertifikat (www.coursejoiner.com)

Pengalaman Menggunakan English Score

Awalnya saya secara tidak sengaja menemukan aplikasi English Score ini di salah satu video Youtube ketika saya belajar Bahasa Inggris. Karena terdapat embel-embel "gratis". Tanpa basa-basi langsung saya download dan coba tes Bahasa Inggris dengan English Score ini. Gila! Jujur saja, soalnya berat-berat banget, banyak kata-kata maupun kalimat yang masih asing bagi saya. Bacaannya pun bukan bacaan-bacaan ringan sehari-hari, bacaannya banyak yang ilmiah cuy haha. Listeningnya juga gk kalah susah, seingat saya kebanyakan listeningnya menggunakan logat Inggris UK, udah susah, mereka ngomongnya cepet lagi. Haha.

Pada tes awal yang saya lakukan, kurang lebih saya hanya mendapat nilai sekitar 380an, setara dengan level B1. Terus minggu depannya saya coba tes lagi, eh hasilnya malah turun ke angka 320an wkwkw, meskipun masih sama-sama di level B1, tapi saya agak kecewa. Akhirnya hampir setiap minggu saya coba tes Bahasa Inggris dari English Score ini, hingga pada percobaan ke 5 kalau tidak salah saya mendapat nilai yang cukup memuaskan, yakni 566 atau setara dengan level C1. Wow kaget dan bangga saya haha. Oh ya, setiap saya tes soalnya banyak berubah dan berbeda kok, jadi aplikasi ini punya database soal yang banyak ataupun soal yang diupdate setiap minggunya.

Saya sangat menyarankan kalian untuk mendownload dan mencoba tes menggunakan aplikasi English Score ini. Selain gratis, soal-soal yang diujikan pun bisa jadi latihan atau persiapan kalian untuk tes-tes besar seperti TOEFL dan IELTS.

Hasil tes

Hasil nilai tes Grammar dan Vocabulary

Hasil nilai tes Reading dan Listening

Ada banyak sekali website maupun aplikasi di internet yang menyediakan berbagai tes Bahasa Inggris online secara gratis. Kalian bisa gunakan sarana-sarana tersebut untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Semangat dan selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url