Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video di Chrome

Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video di Chrome - Selain menyimpan beragam video menarik, di dalam YouTube, kita juga dapat menemukan berbagai jenis video klip musik dari banyak musisi dari seluruh dunia. Video klip musik yang kita tonton dan dengar melalui YouTube ini sering menemani kegiatan-kegiatan harian kita baik itu saat bekerja, saat membersihkan rumah, hingga saat akan tidur. Musik-musik ini sangat mewarnai hidup kita.

Tidak seperti banyak aplikasi pemutar musik online lainnya, di YouTube, kita tidak perlu mendaftar akun untuk dapat menonton dan mendengarkan musik yang ada. Pilihan video musik yang ada di YouTube pun juga beragam, tak hanya lagu orisinal yang dinyanyikan oleh penyanyi aslinya saja. Versi cover dari lagu-lagu ini juga sangat banyak dijumpai di YouTube. Bagi sebagian orang, terkadang versi cover dari sebuah lagu malah memberikan kesan tersendiri bagi mereka sehingga mereka menganggap bahwa versi cover bahkan lebih baik dari versi aslinya. Inilah menariknya YouTube, di dalam YouTube kita dapat menemukan banyak versi dari sebuah lagu. Hal seperti ini mungkin akan sangat jarang dijumpai di aplikasi pemutar musik online lainnya.

Memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri bukan berarti membuat YouTube tak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang dirasakan pengguna, khususnya pengguna yang hanya menggunakan YouTube untuk memutar musik dan memiliki internet yang terbatas adalah mereka mau tak mau harus memutar video juga untuk mendengarkan musik yang mereka ingin dengar. Seperti yang kita ketahui, memutar video di internet seperti YouTube cukup memakan kuota internet yang kita miliki. Sebenarnya untuk mengakali permasalahan seperti ini, YouTube telah memiliki layanan aplikasi pemutar musik YouTube tanpa video yang bernama YouTube Premium di mana kita dapat memutar musik tanpa harus menonton videonya. Namun, layanan ini masih dapat dikatakan cukup mahal. Untuk biaya per bulannya sendiri adalah Rp59.000.

Ada cara manual yang bisa kalian gunakan untuk mengakali hal ini. Cara ini adalah dengan download YouTube audio saja yang mana maksudnya adalah kalian hanya perlu download audio YouTube tanpa video. Tapi cara ini terbilang cukup rumit dan tidak efisien karena kalian harus mendownload lagu dari setiap video klip yang kalian ingin tonton.

Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video
Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video di Chrome

Bagi kalian yang memiliki kuota serta dana yag terbatas namun ingin mendengarkan lagu dari YouTube tanpa harus menonton videonya, kalian datang di tempat yang tepat. Di sini kita akan membahas bagaimana cara mendengarkan musik YouTube tanpa video di Chrome dengan mudah. Ikuti terus seluruh cara di bawah ini sampai selesai ya.

Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video di Chrome

1. Buka browser Google Chrome di PC Kalian atau Laptop Kalian

Langkah pertama untuk mengetahui cara mendengarkan musik YouTube tanpa video adalah dengan membuka browser Google Chrome di PC atau laptop kalian terlebih dahulu

2. Install Ekstensi Audio Only Youtube

Kalian bisa masuk ke Chrome Web Store dan mencari Audio Only Youtube. Kalian juga bisa mencari melalui Google, ketik saja "Audio Only Youtube". Atau lebih mudah lagi, kalian langsung saja klik link Audio Only Youtube ini.

Install Ekstensi Audio Only Youtube
Install Ekstensi Audio Only Youtube

Lalu install ekstensi Audio Only Youtube tersebut ke browser Chrome kalian dengan cara klik tombol biru bertuliskan "Add to Chrome" dan pin ekstensi Audio Only Youtube tersebut di toolbar browser Chrome kalian untuk memudahkan penggunaan.

Pin Ekstensi Audio Only Youtube di Toolbar Chrome
Pin Ekstensi Audio Only Youtube di Toolbar Chrome

3. Dengarkan Musik YouTube Tanpa Video

Sekarang buka YouTube di Chrome dan pilih video klip yang ingin kalian dengar lagunya. Sekarang Kalian hanya akan mendengar lagu dari video tersebut tanpa harus memutar video klipnya sehingga akan lebih menghemat kuota internet kalian.

Musik YouTube Tanpa Video
Musik Youtube Tanpa Video (Hanya gambar thumbnail saja)

Jika kalian ingin menonton videonya kembali, kalian hanya perlu klik ikon ekstensi "Audio Only Youtube" di toolbar Chrome kalian hingga warna merah logo ekstensinya berubah menjadi abu-abu dan refresh halaman YouTube kalian. Jika kalian ingin hanya mendengarkan musik saja tanpa menonton video, kalian klik lagi ikon ekstensi Audio Only Youtube hingga menjadi warna merah yang artinya telah aktif lalu refresh kembali halaman YouTube kalian.

Klik logo Audio Only Youtube
Klik logo ekstensi Audio Only Youtube untuk mengaktifkan/menonaktifkan

Penutup

Sekarang kalian dapat dengan mudah mendengarkan lagu favorit kalian di YouTube tanpa harus takut kehabisan banyak kuota internet. Dengan begini, aktivitas kalian akan lebih berwarna karena adanya musik favorit kalian.

Itu tadi cara mudah untuk memutar lagu di YouTube tanpa video. Dengan cara ini, kalian dapat menghemat kuota internet kalian. Terima kasih telah membaca artikel tutorial singkat yang berjudul Cara Mendengarkan Musik YouTube Tanpa Video di Chrome ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url