Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail - Cara berkomunikasi melalui surat kini telah berkembang, tak lagi melalui pos atau bahkan melalui burung merpati. Dulu, untuk mengirim atau mengharapkan suatu surat, kita harus menunggu berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Kini, dengan majunya teknologi, pengiriman surat pun dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Hanya dengan hitungan detik saja kita dapat dengan mudah mengirim maupun mengharapkan pesan dari orang lain tak terbatas dengan jarak di mana orang tersebut berada.

Layanan surat elektronik (surel) ini sekarang kita kenal secara populer dengan nama Email. Dengan Email kita dapat mengirimkan pesan elektronik kepada pengguna lain dengan cepat dan tentunya gratis karena pengiriman pesan melalui Email ini menggunakan jaringan internet. Ada banyak sekali layanan penyedia Email di internet, beberapa yang populer digunakan di antaranya adalah Gmail, Yahoo, Outlook, AOL, dan lain sebagainya.

Di sini kita akan membahas seputar layanan Email dari Google yang bernama Gmail. Layanan Email yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 ini saat ini menjadi layanan Email paling populer di dunia dengan ratusan juta penggunanya dari seluruh belahan dunia. Layanan Email Gmail ini sangat membantu penggunanya karena Gmail ini terhubung atau terintegrasi secara baik dengan layanan Google lainnya seperti Google Drive, Google Calendar, dan sebagainya sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mengatur atau menghubungkan layanan-layanan serupa secara manual.

Salah satu kekurangan Email yang mungkin kita sering keluhkan adalah tidak adanya fitur "Read" atau Dibaca layaknya layanan chat seperti WhatsApp, Line, Messenger, dll. Sehingga kita sebagai pengirim tidak akan mengetahui apakah Email yang telah kita kirimkan telah dibaca atau belum oleh sang penerima Email tersebut. Padahal, saat ini Email merupakan salah satu media pesan yang digunakan secara formal oleh berbagai institusi, kantor, dsb. Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui email sudah dibaca atau belum di Gmail dengan mudah.

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail
Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail

Perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan fitur untuk mengetahui tanda email sudah dibaca di Gmail ini, kita harus menggunakan akun Gmail yang dikhususkan untuk sekolah atau kantor dan fitur ini harus sudah diaktifkan oleh Administrator sekolah atau kantor (dalam hal ini bisa jadi bagian IT) melalui Google Admin Console. Jadi, jika kita menggunakan Email Gmail biasa dari Gmail, kita masih belum dapat menggunakan fitur ini. Mungkin, ke depannya Gmail akan mengembangkan fitur serupa untuk akun Gmail biasa.

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail

Cara Mengetahui Gmail Sudah Dibaca

Caranya cukup mudah, jika kalian menggunakan Gmail untuk kantor atau sekolah, dan fitur "Read Receipt" telah diaktifkan oleh Administrator institusi kalian melalui Google Admin Console, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini,

1. Masuk ke Gmail
2. Tulis Email
3. Klik tombol 3 titik di bagian kanan bawah tempat kalian menulis Email
4. Lalu klik Request read receipt (Pastikan terdapat tanda centang di samping tulisan Request read receipt ini)
5. Jika sudah, klik kirim Email.

Request read receipt Gmail
Request read receipt Gmail (Gambar: GMass)

Selanjutnya, pembaca yang menerima Email dari kalian ini akan menemukan notifikasi saat mereka membuka Email dari kalian. Penerima Email harus menyetujui notifikasi ini untuk dapat membaca Email dari kalian. Setelah penerima Email menyetujui notifikasi, kalian akan mendapatkan notifikasi melalui Gmail kalian yang menerangkan bahwa Email kalian telah dibaca oleh penerima beserta dengan tanggal dan waktu saat penerima membaca Email tersebut.

Penutup

Itu tadi adalah tutorial mudah untuk mengetahui cara mengetahui Email sudah dibaca atau belum di Gmail. Cara ini juga bisa kalian baca bagi kalian yang penasaran dengan cara mengetahui Email Gmail sudah dibaca di Android.

Sekali lagi, perlu digarisbawahi bahwa cara di atas hanya bisa dilakukan di akun Gmail untuk sekolah atau kantor atau institusi saja. Itu pun dengan syarat fitur Email Read Receipt ini telah diaktifkan oleh Administrator melalui Google Admin Console. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url