Cara Backup Blog di Blogger

Cara Backup Blog di Blogger - Di artikel kali ini kita akan membahas sebuah tutorial singkat namun sangat krusial dan penting sekali untuk kita ketahui. Kita akan bersama-sama mempelajari bagaimana cara melakukan backup artikel-artikel blog kita di Blogger. Blogger adalah sebuah CMS atau platform blog yang cukup populer digunakan karena mudahnya penggunaan platform ini sekaligus platform ini dapat kita katakan gratis untuk digunakan karena tidak memerlukan hosting eksternal yang berbayar seperti CMS lainnya.

Cara Backup Blog di Blogger
Cara Backup Blog di Blogger

Penulis blog pada umumnya menulis banyak sekali artikel atau postingan. Dalam penulisan artikel-artikel ini, tentulah mereka mengorbankan banyak sekali waktu, riset, pengetahuan, dll. Terkadang, ada saja orang jahil yang tidak bertanggung jawab merusak atau melakukan hack terhadap blog yang sudah dibangun oleh penulis dengan susah payah ini. Banyak dari ulah orang jahil ini yang menyebabkan blog menjadi down atau terblokir sehingga tidak dapat diakses lagi. Sehingga, mau tidak mau, artikel-artikel yang telah ditulis ini menjadi hilang sia-sia. Nah, untuk membantu menyelamatkan artikel-artikel ini, kita wajib melakukan backup blog secara rutin. Di artikel kali ini kita akan mengetahui bagaimana Cara Backup Blog di Blogger dengan mudah.

Cara Backup Blog di Blogger

Cara backup artikel blog di Blogger caranya sangat mudah. Kalian bisa ikuti cara di bawah ini sampai habis.

1. Masuk ke akun Blogger dari Blog kalian

Langkah pertama untuk backup artikel blog di Blogger adalah dengan masuk ke akun Blogger dari blog kalian.

2. Backup seluruh artikel blog kalian

Selanjutnya masuk ke menu Settings, lalu pada menu Manage blog klik Back up content, lalu klik Download untuk dapat mengunduh file backup artikel-artikel di Blog kalian yang berupa file berekstensi .xml. Nantinya file backup ini dapat kalian gunakan untuk cadangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog kalian. Selain itu file backup ini juga dapat kalian gunakan untuk memindahkan artikel-artikel dari blog kalian ke CMS lain di luar Blogger.

Back up content Blogger
Back up content Blogger

Penutup

Itu tadi tutorial singkat tentang bagaimana Cara Backup Blog di Blogger dengan mudah. Mungkin, bagi banyak orang, backup artikel blog di Blogger cenderung sepele dan mudah untuk dilakukan. Tapi pada kenyataannya, hal ini sangatlah penting untuk menjaga blog kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url