Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah

Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah - Salah satu faktor ramainya suatu website selain artikel-artikel yang menarik dan berkualitas ialah cepatnya loading dari suatu website. Kecepatan website sangat mempengaruhi perilaku pembaca yang ada di website tersebut. Semakin cepatnya loading suatu website, maka akan semakin betah dan nyaman pula pengunjung untuk membaca di website kalian. Sebaliknya, jika website kita sangat lemot, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan buru-buru meninggalkan website kita bahkan tanpa membaca sepatah kata pun di dalam artikel yang telah kita tulis. Sungguh disayangkan kan. Oleh sebab itu, selain memikirkan tentang kualitas artikel yang kita tulis, kita juga wajib untuk memaksimalkan faktor lain seperti kecepatan dari website kita.

Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah
Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah

Sebenarnya cepat atau tidaknya loading suatu website dipengaruhi oleh lokasi server hosting yang digunakan, kecepatan jaringan internet yang digunakan, gambar atau video di dalam artikel, plugin tambahan yang ada di website, hingga kode pemrogramman yang digunakan pada template dari website. Di dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara cek kecepatan loading website dengan mudah. Mengecek kecepatan website secara rutin dapat kalian jadikan tolak ukur untuk selalu memperbaiki website milik kalian. Untuk mengetahui bagaimana cara cek kecepatan blog atau cek kecepatan website ini, simak tutorial singkatnya di bawah ini hinggal selesai ya.

Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah

Test kecepatan website sangat mudah untuk dilakukan. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan untuk tes kecepatan loading website milik kita. Beberapa contoh situs untuk tes kecepatan website adalah:

1. Google PageSpeed Insights

Layanan cek kecepatan website Google PageSpeed Insights ini dapat dengan mudah kalian gunakan untuk test kecepatan website Google kalian dengan cara, pertama-tama buka situs Google PageSpeed Insights, lalu masukkan url website kalian dan klik Analyze. Setelahnya akan muncul nilai mengenai kecepatan website kalian untuk tampilan mobile serta PC. Serta akan ada saran-saran perbaikan yang bisa kalian gunakan sebagai acuan untuk memperbaiki dan mempercepat loading website kalian.

2. Pingdom

Sama seperti Google PageSpeed Insights, Pingdom merupakan layanan gratis yang bisa kalian gunakan untuk cek kecepatan blog atau website kalian. Di Pingdom, kalian dapat memilih untuk cek kecepatan website kalian dari beberapa server dari berbagai negara. Untuk tes kecepatan website kalian di Pingdom, silakan buka situs Pingdom.

3. GTMetrix

Selain itu, ada pula situs yang bernama GTMetrix yang juga bisa kalian gunakan untuk menganalisas kecepatan dari website kalian. Untuk menganalisa kecepatan website kalian menggunakan GTMetrix, silakan buka situs GTMetrix, lalu masukkan url website kalian dan klik Test your site. Selanjutnya akan muncul hasil analisa kecepatan dari website atau blog kalian.

Penutup

Itu tadi beberapa situs yang bisa kalian gunakan untuk cek dan analisa kecepatan website kalian. Semoga dengan adanya situs-situs tersebut, kalian dapat terbantu untuk terus memaksimalkan dan memperbaiki website kalian. Sekian artinya tutorial singkat tentang bagaimana Cara Tes Kecepatan Website dengan Mudah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url