Cara Crop Video Filmora dengan Mudah

Cara Crop Video Filmora dengan Mudah - Wondershare Filmora adalah suatu perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk mengolah suatu video. Bagi yang belum tahu, aplikasi Wondershare Filmora ini digunakan untuk melakukan editing suatu video seperti halnya Adobe Premier ataupun Kinemaster. Filmora adalah nama dari aplikasi ini. Aplikasi Filmora ini dikeluarkan atau dirilis oleh Wondershare. Wondershare adalah perusahaan asal negeri tirai bambu atau Cina yang mengembangkan berbagai aplikasi-aplikasi atau software-software untuk keperluan multimedia. Beberapa software multimedia yang dikeluarkan oleh Wondershare adalah Filmora X, PixCut, UniConverter, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Crop Video Filmora
Logo Wondershare Filmora (Gambar: PCMag)

Software Filmora ini sendiri cukup berkembang akhir-akhir ini sebagai aplikasi yang digunakan untuk mengolah video bagi para editor maupun orang-orang di luar sana karena memang fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap dan tampilan atau interface dari software Filmora ini cukup friendly sehingga memudahkan para editor untuk mengolah videonya. Selain itu, harga software Filmora ini juga lebih murah dibandingkan dengan aplikasi editing lain seperti Adobe Premier Pro. Harga Filmora Pro untuk sewa pertahunnya adalah $55.98. Sedangkan harga sewa Adobe Premiere Pro pertahunnya adalah $315.61. Sangat jauh bukan perbandingan harganya?

Setelah membahas cara membuat video blur di Filmora beberapa waktu lalu. Sekarang kita akan membahas salah satu teknik wajib yang harus kalian ketahui ketika mengedit video. Salah satu teknik dasar wajib yang harus diketahui oleh para editor video adalah melakukan cropping video atau memotong video sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau dibutuhkan. Biasanya cropping ini dilakukan untuk mengambil layar penting dari sebuah video dan membuang layar sisanya yang mengganggu atau tidak terlalu dibutuhkan. Sayangnya tidak semua pengguna Filmora tahu bagaimana cara melakukan teknik dasar ini. Mungkin karena mereka masih belajar. Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan menunjukkan bagaimana Cara Crop Video Filmora dengan Mudah.

Cara Crop Video Filmora

1. Masukkan Video ke Filmora

Langkah pertama yang tentunya harus kalian lakukan adalah masukkan atau import video yang ingin kalian edit ke dalam aplikasi Filmora. Lalu masukkan video tersebut ke Timeline Filmora.

Tambahkan video ke Timeline

2. Crop Video

Langkah selanjutnya adalah klik video kalian di Timeline Filmora lalu klik tombol Crop di bagian atas Timeline video. Lalu akan muncul layar baru untuk mengatur ukuran layar video yang ingin di crop. Pada bagian ratio, pilih Custom agar kalian bisa leluasa mengatur ukuran layar video kalian. Lalu tinggal kalian sesuaikan saja ukuran crop layar yang kalian inginkan. Jika sudah klik tombol OK.

Klik tombol Crop di atas Timeline

Pilih Custom di bagian Ration lalu atur ukuran layar video sesuai keinginan kalian.

Jika sudah kalian atur ukuran layarnya, klik OK

Sekarang video kalian sudah ter-crop

Sekarang video kalian sudah ter-crop atau terpotong sesuai dengan yang kalian inginkan. Sangat mudah bukan tutorial Cara Crop Video Filmora. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url