Cara Mengatur Ukuran Taskbar Windows 11

Cara Mengatur Ukuran Taskbar Windows 11 - Microsoft terus mengembangkan dan memperbarui produknya. Salah satu produk Microsoft yang sangat terkenal adalah Microsoft Windows. Microsoft telah meluncurkan berbagai seri dan versi dari Microsoft Windows yang pertama yang dirilis pada tahun 1985, yaitu yang bernama Windows 1.01, lalu ada salah satu sistem operasi paling terkenal masa beberapa tahun belakangan ini yaitu Windows XP. Windows XP merupakan salah satu produk Microsoft Windows yang digunakan oleh berbagai pengguna di seluruh dunia, dan yang terakhir adalah Windows 10. Tak perlu ditanya mengapa Microsoft bisa menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, Microsoft Windows sendiri dapat dibilang sangat mudah digunakan dan memiliki antarmuka atau interface yang sangat bersahabat atau friendly. Selain itu, saat ini, ada banyak sekali laptop yang beredar dan dijual di pasaran dalam bentuk paket dengan sistem operasi Windows 10 ini. Tentu saja hal ini juga akan semakin meningkatkan jumlah pengguna Windows di seluruh dunia.

Baru-baru ini, pada 5 Oktober 2021 lebih tepatnya, Microsoft secara resmi telah merilis Microsoft Windows 11, ini merupakanversi baru dari sistem operasi Microsoft Windows. Windows 11 memiliki beberapa varian atau vers seperti Windows 11 Home dan Windows 11 Pro. Win 11 memiliki antarmuka yang cukup berbeda dari pendahulunya, Windows 10. Windows 11 ini terlihat lebih segar dan sederhana yang mana membuat OS yang satu ini lebih ramah bagi penggunanya. Beberapa fitur-fitur baru juga telah ditambahkan seperti widget cuaca dan berita. Windows 11 Microsoft juga telah mendukung aplikasi Android tanpa harus menggunakan emulator atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Aplikasi Android ini juga dapat diunduh dari aplikasi Microsoft Store. Selain itu, Windows 11 mendukung penggunaan layanan cloud Windows 11 atau teknologi virtual Windows 11. Hal ini dapat dicapai melalui dukungan untuk cloud Office 365 atau cloud OneDrive yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data dan file mereka secara online dengan aman. Harga Windows 11 original masih belum diungkapkan oleh pihak Microsoft, namun seperti dilansir situs resmi Microsoft, pengguna Microsoft Windows 10 yang ingin mengupgrade Windows ke Windows 11 dapat melakukan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Proses upgrade ini akan berlanjut dari akhir 2021 hingga paruh kedua 2022.

Cara Mengatur Ukuran Taskbar Windows 11
Cara Mengatur Ukuran Taskbar Windows 11 (Gambar: HowToGeek)

Hadir dengan tampilan yang lebih segar dan ramah bukan berarti OS Windows 11 ini merupakan OS yang benar-benar sempurna. Banyak pengguna dari OS baru ini merasa bahwa Taskbar dari Windows 11 ini terlalu besar dan juga terlalu kecil bagi sebagian pengguna yang lain. Sejauh ini masih belum ada pengaturan untuk mengatur ukuran Taskbar Windows 11 ini. Namun, bisa jadi kedepannya, melalui Windows Update, fitur pengaturan Taskbar ini akan tersedia bagi pengguna Windows 11. Nah sambil menunggu pengaturan dari Windows 11 hadir, kalian bisa coba cara mudah di bawah ini untuk mengatur ukuran Taskbar Windows 11 kalian.

Cara Mengatur Ukuran Taskbar Windows 11

1. Buka REGEDIT

Langkah yang pertama adalah buka REGEDIT dengan cara ketik di pencarian Windows 11 kalian "REGEDIT" atau kalian juga bisa membuka REGEDIT dengan cara menekan tombol WINDOWS + R lalu ketik "REGEDIT" dan klik OK.

Buka REGEDIT

2. Masuk ke Folder Advanced

Setelahnya arahkan atau navigasikan ke,
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Buat DWORD (32-Bit) Value Baru

Di dalam Advanced, di panel sebelah kanan, kalian klik kanan dan pilih New > DWORD (32-Bit) Value dan beri nama TaskbarSi

Buat DWORD (32-Bit) Value

Beri nama TaskbarSi

Lalu buka TaskbarSi tersebut dengan cara klik 2x dan masukkan value yang kalian inginkan. Value di sini terdiri dari 3 angka, yaitu 0 (Small), 1 (Medium/Default), dan 2 (Large). Jadi, contohnya, jika kalian ingin Taskbar kalian kecil, masukkan angka 0. Lalu klik OK. Tutup REGEDIT dan Restart PC atau Laptop kalian.

Masukkan angka 0, 1, atau 2

Sekarang kalian telah berhasil mengatur ukuran Taskbar Windows 11. Sangat mudah bukan caranya. Untuk melihat perbandingan antara Taskbar Windows 11 small, medium/default, dan large, kalian dapat melihatnya di gambar di bawah ini. Jika kalian ingin mengembalikan ukuran Taskbar ke settingan default Windows 11, kalian bisa mengulangi cara di atas dan masukkan angka 1 untuk membuat ukuran Taskbar kembali menjadi default.

Perbandingan Ukuran Taskbar Windows 11
Perbandingan Ukuran Taskbar Windows 11 (Gambar: Tom'sHardware)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url