Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console - Google Analytics sudah menjadi sebuah alat yang wajib hukumnya untuk dimiliki seorang pemilik dari suatu website. Google Analytics ini membantu pemilik website untuk memantau statistik dan lalu lintas pengunjung dari suatu website. Statistik yang dihadirkan oleh Google Analytics pun juga sangat jelas dan detail, mulai dari sumber trafik atau dari mana pengunjung dapat berkunjung ke suatu website, demografi pengunjung, perilaku pengunjung ketika sedang berada di website, hingga laporan secara real-time mengenai pengunjung yang sedang berada di website. Segala informasi mengenai trafik dari website kalian dapat kalian lihat di dashboard Google Analytics.

Sedangkan Google Search Console atau yang dulunya disebut dengan Google Webmasters adalah layanan dari Google yang berfungsi untuk membantu melakukan pengindexan serta memperlihatkan informasi status index pada sutatu website. Di Google Search Console, kita juga bisa mengetahui tautan-tautan atau link-link yang terhubung ke website kita, baik itu eksternal maupun internal.

Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console
Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Search Console Google Analytics merupakan alat-alat yang tentunya membantu pemilik website untuk menjalankan website yang dimilikinnya. Akan lebih baik memang jika sang pemilik website menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console dari website yang didaftarkannya. Disebutkan pada website Google Analytics, dengan kita menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console, maka kita mengaktifkan arus atau hubungan data suatu website antara Google Analytics dan Google Search Console. Saya asumsikan kalian sudah mengerti sebelumnya cara membuat Google Analytics dan cara menghubungkan website ke Google Analytics. Di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console.

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Masuk ke Google Analytics

Pertama, masuk terlebih ke akun Google Analytics dari website.

Dasbor Google Analytics
Dasbor Google Analytics

Masuk ke Pengaturan Admin dan Hubungkan dengan Search Console

Klik tombol Admin di bagian kiri bawah. Lalu pada bagian Property, klik Property Settings, scroll ke bawah, dan pada bagian Search Console, pilih Adjust Search Console. Klik tombol Add dan pilih website yang ingin kalian hubungkan.

Masuk ke Property Settings

Pada bagian Search Console, pilih Adjust Search Console
Klik Add

Pilih website yang ingin dihubungkan

Klik Associate

Refresh Google Analytics kalian dan lihat, sekarang website yang ada di Google Analytics sudah terhubung juga dengan Google Search Console. Selain itu, kalian juga bisa mengecek apakah Google Analytics dengan Google Search Console sudah terhubung melalui Dasbor Google Search Console lalu masuk ke Settings, dan klik Associations.

Tampilan di Google Search Console bahwa sudah terhubung dengan Google Analytics

Sangat mudah bukan cara menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console. Semoga tutorial ini dapat berguna bagi perkembangan website ataupun blog milik kalian. Terima kasih telah membaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url