Cara Migrasi OS ke SSD Menggunakan EaseUS Partition Master

Setelah kemarin saya membahas mengenai Cara Memasang SSD di Laptop ASUS TUF FX505GD, kali ini saya akan berbagi cara bagaimana cara kita bisa memindahkan atau migrasi sistem operasi dari HDD ke SSD yang baru saja kita pasang.

 Baca juga: Cara Menonton Netflix dengan 2 Subtitle Bahasa yang Berbeda di Google Chrome

Software yang akan digunakan untuk melakukan migrasi OS ini adalah EaseUS Partition Master. Software EaseUS Partition Master ini adalah software yang dikeluarkan oleh EaseUS dan berguna untuk melakukan manajemen terhadap sistem penyimpanan pada komputer kita. Kita bisa dengan mudah mengatur partisi penyimpanan di komputer kita, mengubah format MBR atau GPT dari HDD kita, termasuk juga memindahkan sistem operasi ke tempat penyimpanan yang baru, seperti halnya SSD yang akan kita lakukan sekarang ini.

Logo EaseUS Partition Master

Setelah SSD terpasang dan sudah terdeteksi pada Disk Management di komputer kalian, kalian bisa melakukan proses migrasi dengan menjalankan langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi EaseUS Partition Master.

2. Secara otomatis saat aplikasi terbuka, kalian akan langsung diarahkan pada menu migrasi OS. Namun jika tidak ada apapun yang muncul, kalian bisa klik tombol migrate OS.

Tombol Migrate OS

 3. Selanjutnya kalian pilih tempat penyimpanan OS dan target migrasi OS (SSD) dan klik next dan proceed.

Contoh: Disk 0 adalah tempat penyimpanan OS dan Disk 1 adalah target migrasi OS (SSD)

4. Selanjutnya EaseUS akan melakukan proses pemindahan OS ke SSD. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit (atau bahkan lebih) untuk menyelesaikan pemindahan OS ke SSD (tergantung spesifikasi komputer masing-masing).

5. Setelah proses selesai, kalian klik tombol finish, dan keluar dari aplikasi EaseUS.

6. Restart komputer kalian dan segera masuk ke BIOS. Atur boot priority pada BIOS kalian menjadi SSD agar booting OS menggunakan SSD. 

7. Jika komputer berhasil booting menggunakan SSD, kalian bisa menghapus file OS kalian di tempat penyimpanan yang lama agar tidak memenuhi sistem penyimpanan.

Untuk lebih jelas prakteknya, kalian bisa menonton contoh video di bawah ini,

 

Sekian artikel mengenai Cara Migrasi OS ke SSD Menggunakan EaseUS Partition Master kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url