Cara Memasang SSD di Laptop ASUS TUF FX505GD

SSD merupakan suatu kebutuhan di masa seperti ini. Dengan SSD proses pengolahan data pada komputer akan menjadi lebih cepat. Begitu juga dengan proses booting untuk memulai sistem operasi pada komputer. Namun, sayangnya tidak sedikit komputer maupun laptop yang telah dibekali oleh SSD. Seperti laptop saya ini contohnya, ASUS TUF FX505GD. Meskipun memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk menjalankan program maupun game berat, laptop saya ini masih menggunakan sistem penyimpanan HDD sehingga proses operasional yang saya lakukan cenderung lebih lambat dibandingkan dengan laptop lain yang telah menggunakan SSD sebagai sistem penyimpanannya.

 

Berbekal riset singkat mengenai kecocokkan, harga, kecepatan, daya tahan, dan lain sebagainya, akhirnya saya memilih untuk membeli SSD NVME Adata SX6000 Lite 256GB. SSD ini memiliki kecepatan yang menurut saya sudah sangat cukup untuk mempercepat kinerja laptop saya. Dari segi harga dan kecocokkan pun sangat cocok bagi dompet dan laptop saya hehe.

 

Baca juga: Cara Mengatasi OBS Black Screen/Layar Hitam 

 

Penampakkan box SSD Adata SX6000 Lite 256GB

SSD dan stiker heatsink

 

Cara memasang SSD di Laptop ASUS TUF FX505GD

 

1. Siapkan obeng untuk membuka baut laptop dan baut pengunci SSD, alas (koran, karpet) untuk melindungi bagian bawah laptop saat proses pembongkaran.

2. Lepaskan baut-baut cover bawah laptop menggunakan obeng dan buka cover laptop secara perlahan.

Tampilan isi laptop ASUS TUF FX505GD

3. Copot colokan kabel baterai yang ditunjukkan pada tanda panah berwarna merah untuk menghindari adanya konsletin maupun tersetrum.

4. Lepaskan baut kecil pada slot pengunci SSD seperti yang ditunjukkan pada tanda panah warna kuning. Kalian akan melihat baut kecil yang terpasang di ujung slot SSD.

5. Buka lembar hitam penutup SSD dan pasang SSD pada slot dan colokan yang tersedia. Pastikan posisi SSD sudah terpasang atau tertancap dengan benar. 

6. Pasangkan kembali baut pengunci SSD dan pasang stiker heatsink tepat di atas SSD tersebut.

7. Colok kembali kabel baterai ke tempat semula dan tutup cover laptop.

 

Kalian bisa menonton video di bawah ini untuk melihat bagaimana cara memasang SSD di laptop ASUS TUF FX505GD

 

 

Sekarang SSD sudah terpasang pada laptop kalian, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah SSD sudah terdeteksi di laptop dan memindah atau migrasi OS dari HDD lama ke SSD baru kalian. 

 

Baca juga: Cara Menonton Netflix dengan 2 Subtitle Bahasa yang Berbeda di Google Chrome

 

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url